KETERAMPILAN INTERPERSONAL TOUR LEADER DALAM BERKOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN (STUDI KASUS K.I.A TOURS AND TRAVEL)

ANDINI NADIA PUTRI, . (2025) KETERAMPILAN INTERPERSONAL TOUR LEADER DALAM BERKOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN (STUDI KASUS K.I.A TOURS AND TRAVEL). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN dan DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Andini Nadia Putri, 1409521040, Keterampilan Interpersonal Tour Leader Dalam Berkomunikasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus K.I.A Tours and Travel). Skripsi, Jakarta: Program Studi D4 Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta. 2025 Penelitian ini berjudul "Keterampilan Interpersonal Tour Leader Dalam Berkomunikasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus K.I.A Tours and Travel) bertujuan untuk untuk mengidentifikasi elemen penting dalam komunikasi yang berkontribusi terhadap wisatawan, seperti kemampuan tour leader untuk menjawab pertanyaan dan memberikan informasi yang relevan. Selain itu, kami berharap penelitian ini akan memberikan rekomendasi praktis bagi K.I.A Tours and Travel untuk meningkatkan strategi dan layanan mereka untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan betapa pentingnya keterampilan Interpersonal untuk menciptakan hubungan yang baik antara tour leader dan wisatawan. Komunikasi yang efektif bukan hanya menyampaikan informasi juga harus mendengarkan, berempati, dan membangun kepercayaan. Tour leader di K.I.A Tours and Travel diharapkan dapat menciptakan suasana yang ramah dan informatif agar wisatawan merasa dihargai dan terhubung dengan pengalaman mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melalui penelitian ini, kami ingin menunjukkan bahwa di balik setiap perjalanan yang sukses, ada komunikasi yang baik, Keterampilan Interpersonal dan hubungan yang kuat antara tour leader dan wisatawan. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Keterampilan Interpersonal, kualitas Pelayanan/Andini Nadia Putri, 1409521040, Tour Leader's Interpersonal Communication Skills to Improve Customer Service (Case Study of K.I.A Tours and Travel). Thesis, Jakarta: Study Program D4 Travel Business, Faculty of Social Sciences and Law, State University of Jakarta. 2025 **** This study entitled "Tour Leader Interpersonal Skills in Communication to Improve Customer Service (Case Study of K.I.A Tours and Travel) aims to identify important elements in communication that contribute to tourists, such as the ability of tour leaders to answer questions and provide relevant information. In addition, we hope this study will provide practical recommendations for K.I.A Tours and Travel to improve their strategies and services to build better relationships with customers. This study aims at how important Interpersonal skills are to create a good relationship between tour leaders and tourists. Effective communication is not only about conveying information but also listening, empathizing, and building trust. Tour leaders at K.I.A Tours and Travel are expected to create a friendly and informative atmosphere so that tourists feel appreciated and connected to their experiences. This study uses a qualitative approach to collect data in this study through interviews, observations, and documentation. Through this study, we want to show that behind every successful trip, there is good communication, Interpersonal Skills and a strong relationship between tour leaders and tourists. Keywords: Interpersonal Communication, Interpersonal Skill, Service Quality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Heryanti Utami, SST.Par, M.M.Par 2). Fajar Aditya Nugroho, M.Par
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Andini Nadia Putri .
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:18
Last Modified: 08 Aug 2025 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59085

Actions (login required)

View Item View Item