PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ALAM BEKASI

ALVYA NOER HIKMARANI, . (2025) PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ALAM BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Alvya Noer Hikmarani (1412821003). Pengembangan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Bekasi. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mitigasi bencana gempa bumi pada anak usia dini menggunakan buku cerita bergambar dengan metode story telling dan role playing.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Alam Bekasi pada Bulan Februari 2025 – April 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Sekolah Alam Bekasi yang tediri dari 60 siswa, dan sampel yang digunakan adalah 30 siswa dengan menggunakan teknik purpose random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara menggunakan angket. Berdasarkan analisis data buku Berani Menghadapi Guncangan dinyatakan sangat layak dengan memperoleh persentase 93,75%. Hasil respon peserta didik terkait kemenarikan memperoleh nilai persentase 98,7% dengan kriteria sangat menarik. Pengetahuan peserta didik dalam memahami cara mitigasi bencana gempa bumi mengalami peningkatan dengan uji N-Gain 0,7742 yang mana nilai tersebut lebih besar dari pada 0,7 (> 0,7) dan dikatakan efektif. Dengan tingkat efektivitas sebesar 77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Buku Berani Menghadapi Guncangan tidak hanya menarik, tetapi juga berdampak signifikan dalam pembelajaran mitigasi bencana. Hal ini menjadikan buku tersebut sangat layak dan efektif digunakan dalam pendidikan kebencanaan bagi anak usia dini. Kata kunci: Buku, Gempa Bumi, Mitigasi, PAUD***** Alvya Noer Hikmarani (1412821003). Development of the Picture Book to Improve Earthquake Disaster Mitigation Skills in Early Childhood at Sekolah Alam Bekasi. Graduate Thesis, Master's Program in Geography Education, Faculty of Social Sciences and Law, Universitas Negeri Jakarta, 2025. This study aims to improve earthquake disaster mitigation skills in early childhood by using a picture storybook that incorporates storytelling and role- playing methods. The research was conducted at Sekolah Alam Bekasi from February to April 2025. A mixed-method approach was employed, integrating both quantitative and qualitative techniques. The population consisted of all kindergarten students at Sekolah Alam Bekasi, totaling 60 children. A sample of 30 students was selected through purposive random sampling. Data were collected using interviews and questionnaires. The book Berani Menghadapi Guncangan was rated highly feasible with a feasibility score of 93.75%. Student responses indicated a very high level of interest, reaching 98.7%. Their knowledge of earthquake mitigation increased significantly, as shown by an N-Gain score of 0.7742, which exceeds the 0.7 threshold and is therefore considered effective, with an overall effectiveness level of 77%. Therefore, it can be concluded that book Berani Menghadapi Guncangan is not only interesting, but also has a significant impact on disaster mitigation learning. This makes the book highly suitable and effective for disaster education for early childhood.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si ; 2). Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 29997 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:40
Last Modified: 12 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59113

Actions (login required)

View Item View Item