PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MPLB SMK NEGERI 42 JAKARTA

NADIYAH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MPLB SMK NEGERI 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_NADIYAH 1709621078.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB 1_NADIYAH 1709621078.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB 2_NADIYAH 1709621078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_NADIYAH 1709621078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_NADIYAH 1709621078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_NADIYAH 1709621078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_NADIYAH 1709621078.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN_NADIYAH 1709621078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan artificial intelligence (AI) dan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MPLB SMK Negeri 42 Jakarta dengan metode kuantitatif menggunakan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Banyak sampel106 siswa. Pengelolaan data dan analisis mengunakan aplikasi program IBM SPSS Statistics 22 dengan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data terbukti bahwa: (1) penggunaan artificial intelligence (AI) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) secara simultan, penggunaan artificial intelligence (AI) dan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan artificial intelligence yang baik dan bijaksana dapat menjadi alat bantu analisis dan reflektif dalam memfasilitasi proses berpikir kritis pada siswa. Dan literasi digital sebagai fondasi penting dalam pembentukan siswa menjadi analitis, reflektif, dan cakap menghadapi tantangan informasi. Oleh karena itu, diharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk membatu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi era teknologi yang kompleks. ***** The study aims to analyze the influence of artificial intelligence (AI) and digital literacy on the critical thinking skills of MPLB students at SMK Negeri 42 Jakarta using a quantitative method involving the distribution of questionnaires with a Likert scale. The sample consisted of 106 students. Data management and analysis were performed using IBM SPSS Statistics 22 software with multiple linear regression analysis. The results of the data analysis revealed that: (1) the use of artificial intelligence (AI) significantly influences critical thinking skills; (2) digital literacy significantly influences critical thinking skills; (3) simultaneously, the use of artificial intelligence (AI) and digital literacy significantly influence critical thinking skills. The results of this study indicate that the proper and wise use of artificial intelligence can serve as an analytical and reflective tool to facilitate critical thinking processes among students. Digital literacy is an important foundation in shaping students into analytical, reflective, and capable individuals capable of addressing information challenges. Therefore, it is hoped that various parties will provide support to assist students in enhancing their critical thinking skills in navigating the complex technological era.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E., M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Nadiyah .
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:40
Last Modified: 08 Aug 2025 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59123

Actions (login required)

View Item View Item