RADITYA RIZKY DARMAWAN, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar pada peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 14 dengan model pembelajaran flipped classroom. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2025 semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model dari Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,6% menjadi 91,7% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran flipped classroom juga meningkat dari 90% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. Dapat disimpulkan dari hasil analisis data bahwa penggunaan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V-B SDN Menteng Atas 14 pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. ***** This classroom action research aims to improve students’ active learning in Grade V of SDN Menteng Atas 14 by implementing the flipped classroom model. The subjects of this study were 24 students of Class V-B. The research was conducted from April to June 2025, during the second semester of the 2024/2025 academic year. The research was carried out in 2 cycles. The method used was Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis & McTaggart model, consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study showed an increase in students’ active learning from 69.6% in Cycle I to 91.7% in Cycle II. The implementation of the flipped classroom model also increased from 90% in Cycle I to 98% in Cycle II. It can be concluded from the data analysis that the use of the flipped classroom model can effectively improve the active learning of Class V-B students of SDN Menteng Atas 14 in Pancasila Education lessons.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Raditya Rizky Darmawan . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:23 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |