AMELIA KURNIAWATI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA HARGA DAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KARTU PERDANA TRI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA, FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI Amelia Kurniawati 8135123365.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatka informasi tentang Hubungan Antara Harga Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu Perdana Tri Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. Selama lima bulan terhitung sejak bulan Februari 2016 sampai dengan Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Mahasiswa Program Studi Tata Niaga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 89 orang. Untuk menjaring data dari ketiga variabel digunakan model skala likert untuk harga (X1), kualitas produk (X2) dan kepuasan pelanggan (Y). Sebelum instumen digunakan, sebelummnya dilakukan uji validitas untuk variabel X1, X2 dan Y. Untuk variabel X1 dari 31 butir pernyataan terdapat 26 pernyataan yang valid, untuk X2 dari 26 pernyataan terdapat 21 pernyataan yang valid, sedangkan untuk variabel Y dari 31 pernyataan terdapat 25 pernyataan yang valid. Perhitungan reliabilitas ketiga variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,905, variabel X2 sebesar 0,907 dan variabel Y sebesar 0,921. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen dari ketiga variabel terebut dapat dikatakan reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 11,952 + 0,399X1 + 0,451X2. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 19,242 > 3,10 artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya dilkukan uji t dan dihasilkan thitung X1-Y = 2,979 dan ttabel = 1,66 serta thitung X2-Y = 4,547 dan ttabel = 1,66. Koefisien kolerasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,556 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 30,9% yang menunjukan bahwa kepuasan pelanggan ditentukan oleh harga dan kualitas produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga dan kualitas produk secara stimulan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si ; 2). Dr. Corry Yohana |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 17:46 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 17:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
View Item |