KINSAN ARYA SUBAKTI, . (2025) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PEMANFAATAN VIDEO PENDEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERAWATAN GEDUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan terhadap pemanfaatan video pendek sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Perawatan Gedung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur kepada lima orang mahasiswa yang telah menonton video pendek yang digunakan sebagai stimulus dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang umumnya positif terhadap penggunaan video pendek. Mereka menilai bahwa kualitas visual dan audio video tersebut baik, durasi video cukup ideal, dan penyajian materi dianggap jelas dan terstruktur. Video pendek juga dinilai mampu menarik perhatian, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, serta memberikan kemudahan dalam memahami materi. Meskipun demikian, beberapa responden menyarankan agar video dilengkapi dengan contoh nyata atau studi kasus agar lebih aplikatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa video pendek dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif jika dirancang dengan baik. ***** This study aims to explore the perceptions of Building Engineering Education students regarding the use of short videos as a learning medium in the Building Maintenance course. A qualitative approach with a case study method was employed. Data were collected through semi-structured interviews with five students who had watched a short video used as a stimulus in this study. The findings indicate that students generally have a positive perception of the use of short videos. They consider the video’s visual and audio quality to be good, the duration to be ideal, and the material presentation to be clear and well-structured. Short videos are also perceived as engaging, capable of creating enjoyable learning experiences, and helpful in understanding the content. However, some respondents suggested that the videos should include real-life examples or case studies to be more applicable. This study suggests that short videos can serve as an effective alternative learning medium when designed appropriately.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. M. Agphin Ramadhan, M.Pd. ; 2). Anisah M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Kinsan Arya Subakti . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:30 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |