KHUSNIYATI MASYKUROH, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PARENTING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB 4_r.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah lingkungan global, seperti perubahan iklim, polusi, dan kerusakan ekosistem, semakin mendesak untuk segera diatasi karena dampaknya terhadap kehidupan manusia di masa depan. Salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan kesadaran dan literasi lingkungan pada anak-anak adalah melalui keterlibatan orang tua dalam proses pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model parenting yang dapat meningkatkan literasi lingkungan pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggabungkan model pengembangan, yaitu model Borg and Gall yang dikombinasikan dengan model Dick and Carey dan model ADDIE. Penelitian pengembangan ini menghasilkan model konseptual, model prosedural, dan model fisikal berupa produk utama 1 buku model EcoparenThink, empat seri buku panduan EcoparenThink untuk orangtua, serta produk penyerta berupa buku aktivitas anak Aku Penjaga Bumi, video animasi, buku cerita bergambar, lagu anak, dan alat permainan. Model ini telah divalidasi oleh pakar Pendidikan Lingkungan, pakar Pendidikan Anak Usia Dini, pakar media pembelajaran, dan pakar bahasa, serta dinyatakan layak digunakan sebagai model parenting untuk meningkatkan literasi lingkungan anak usia dini. Model ini juga telah diuji coba melalui uji coba satu-satu, uji coba kelompok terbatas, dan uji coba kelompok besar. Uji efektivitas dilakukan dengan melaksanakan uji coba di tiga lembaga PAUD di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, mewakili provinsi dengan Indeks Ketidakpedulian Lingkungan Hidup yang tinggi. Hasil validasi, uji coba, dan uji efektivitas menunjukkan bahwa model yang dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan anak usia dini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penelitian berhasil mengembangkan model parenting yang dibangun dengan mengintegrasikan teori kelekatan, teori belajar sosial, teori perkembangan ekologi, gaya pengasuhan, dan teori keterlibatan orangtua dalam proses pengasuhan secara efektif meningkatkan literasi lingkungan anak. Model ini berhasil membentuk parenting yang lebih terarah, meningkatkan kepercayaan diri orangtua dalam melakukan pengasuhan, meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan orang tua dalam pengasuhan, serta meningkatkan literasi lingkungan anak. Selain itu, terdapat perubahan signifikan dalam perilaku positif yang ditunjukkan oleh orang tua dan anak, seperti penerapan nilai-nilai peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model parenting yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan anak usia dini. Penerapan model ini tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran anak terhadap isu lingkungan, tetapi juga menginspirasi perubahan perilaku positif di kalangan orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendidikan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan dapat diterapkan dalam konteks keluarga untuk menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan. *** Global environmental issues, such as climate change, pollution, and ecosystem damage, are increasingly urgent to address due to their impact on human life in the future. One approach that can help increase environmental awareness and literacy in children is through parental involvement in the upbringing process. This study aims to develop a parenting model that can enhance environmental literacy in early childhood. The research method used is Research and Development (R&D), combining development models, namely the Borg and Gall model, which is combined with the Dick and Carey model and the ADDIE model. This development research resulted in a conceptual model, a procedural model, and a physical model in the form of four series of EcoparenThink guidebooks for parents, as well as supplementary products such as the children's activity book Aku Penjaga Bumi (I Am the Guardian of the Earth), animation videos, illustrated storybooks, children's songs, and educational tools. This model has been validated by experts in Environmental Education, Early Childhood Education, learning media, and language, and was deemed suitable for use as a parenting model to enhance environmental literacy in early childhood. The model has also been tested through one-on-one trials, small group trials, and large group trials. Effectiveness testing was conducted by carrying out trials in three early childhood education institutions in the provinces of DKI Jakarta, West Java, and Banten, representing provinces with a high Environmental Awareness Index. The results of validation, trials, and effectiveness testing show that the developed model is suitable and effective in enhancing environmental literacy in early childhood. Research findings show that this model successfully formed more directed parenting, increased parental knowledge and involvement in upbringing, and improved children's environmental literacy. Additionally, there was a significant change in positive behaviors shown by both parents and children, such as the application of environmental care values in everyday life. Based on these findings, it can be concluded that the developed parenting model is suitable and effective in enhancing environmental literacy in early childhood. The implementation of this model not only helps increase children's awareness of environmental issues but also inspires positive behavioral changes among parents. Therefore, this study contributes to the development of more sustainable environmental education and can be applied in family contexts to create a generation more concerned with environmental sustainability.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Elindra Yetti, M.Pd.; 2). Prof.Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Khusniyati Masykuroh . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:46 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |