PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KREDIT DIGITAL (PAYLATER) DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

ANISA KURNIA DEWI, . (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KREDIT DIGITAL (PAYLATER) DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Lampiran & Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan PayLater, serta menguju peran kepercayaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei terhadap 252 mahasiswa FEB Universitas Negeri Jakarta angkatan 2021. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS Versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan PayLater, sementara persepsi risiko memberikan pengaruh negatif yang signifikan. Kepercayaan terbukti memoderasi kedua hubungan tersebut, dengan memperkuat pengaruh positif literasi keuangan dan melemahkan dampak negatif persepsi risiko. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan literasi keuangan serta penguatan kepercayaan terhadap penyedia layanan digital dalam mendorong penggunaan PayLater yang bijak dikalangan mahasiswa ***** This study was conducted to explore how financial literacy and risk perception influence the intention to use PayLater, with trust examined as a moderating factor. A quantitative approach was adopted, and data were collected from 252 students of the Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Jakarta, class of 2021. Using SPSS version 26, multiple linear regression and moderated regression analysis (MRA) were used to evaluate the data. The Findings showed that while risk perception significantly influence intention negatively, fianncial literacy significantly influences intention positively. Furthermore, it was demonstrated that trust moderated these associations by enhancing the beneficial effects of financial literacy and diminishing the detrimental effects of risk perception. These findings emphasize the need to promote financial awareness and strengthen user trusy to suppport the responsible use of PayLater among students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Prof. Dr. Mardi., M.Si. ; Susi Indriani, S.E., M.S.Ak., Ph.D.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Anisa Kurnia Dewi .
Date Deposited: 11 Aug 2025 05:55
Last Modified: 11 Aug 2025 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59594

Actions (login required)

View Item View Item