PENGEMBANGAN E- MODUL INTERAKTIF MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN PADA SMK DI WILAYAH JAKARTA

NABIL ABDURRAHMAN, . (2025) PENGEMBANGAN E- MODUL INTERAKTIF MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN PADA SMK DI WILAYAH JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan serta efektivitas e-modul interaktif pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan (DDK) untuk kelas X Fase E jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Validasi instrumen dilakukan menggunakan formula Aiken’s V untuk menguji validitas isi. Pengujian efektivitas media dilakukan melalui desain eksperimen One Group Pre-test Post-test dengan responden siswa kelas X dari SMKN 1 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, dan SMKN 55 Jakarta. Uji efektivitas dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon karena data hasil pre-test dan post-test tidak berdistribusi normal dan User Experience Questionnaire sebagai tolak ukur pendapat pengguna yang mana adalah siswa kelas 10 Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Kelayakan produk divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi (Aiken’s V = 0,82), ahli media (0,72), dan ahli bahasa (0,72), dengan ketiganya berada dalam kategori “layak”. Uji efektivitas dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest terhadap 87 peserta didik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) Secara spesifik, ditemukan bahwa setiap elemen dalam e-modul menunjukkan peningkatan skor post-test yang signifikan, pada elemen ke-6 nilai 56 menjadi 96 dan 73 menjadi 87, pada elemen ke-7 nilai 30 menjadi 86 dan 57 menjadi 94, pada elemen ke-9 nilai 68 menjadi 97 dan 82 menjadi 98, menandakan adanya peningkatan yang signifikan setelah penggunaan e-modul. Persepsi peserta didik terhadap e-modul diukur dengan User Experience Questionnaire (UEQ) dan memperoleh hasil daya tarik (2,569), kejelasan (2,552), efisiensi (2,586), ketepatan (2,442), stimulasi (2,466), dan kebaruan (2,517) yang semuanya berada pada kategori “sangat baik”. Hasil ini menunjukkan e-modul dikembangkan secara tepat, layak digunakan, dan efektif. ***** This study aims to develop and evaluate the feasibility and effectiveness of an interactive e-module for the subject of Basic Electrical Engineering (Dasar-Dasar Ketenagalistrikan/ DDK) for Grade X, Phase E students majoring in Electrical Power Installation Engineering. The research employed a Research and Development (R&D) approach using the DDD-E model (Decide, Design, Develop, Evaluate). Instrument validation was conducted using Aiken’s V formula to test content validity. Media effectiveness was tested through a One Group Pre-test Post-test experimental design involving Grade X students from SMKN 1 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, and SMKN 55 Jakarta. The Wilcoxon Signed Ranks Test was used due to the non-normal distribution of pre-test and post-test data. The User Experience Questionnaire (UEQ) was also used to gather user feedback from Grade X students. Product feasibility was validated by three experts: subject matter expert (Aiken’s V = 0.82), media expert (0.72), and language expert (0.72), all falling into the “feasible” category. The effectiveness test involving 87 students showed a significant difference with a p-value of 0.000 (p < 0.05). Specifically, each e-module element showed significant improvement: element 6 (56 to 96 and 73 to 87), element 7 (30 to 86 and 57 to 94), and element 9 (68 to 97 and 82 to 98), indicating notable learning gains after using the e-module. Students’ perceptions of the e-module based on the UEQ revealed excellent ratings across all dimensions: attractiveness (2.569), clarity (2.552), efficiency (2.586), accuracy (2.442), stimulation (2.466), and novelty (2.517). These results indicate that the e-module was appropriately developed, feasible to use, and effective for enhancing student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Nabil Abdurrahman .
Date Deposited: 11 Aug 2025 05:55
Last Modified: 11 Aug 2025 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59602

Actions (login required)

View Item View Item