PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL PENYAKIT GASTRITIS PADA MATA KULIAH GIZI KEBUTUHAN KHUSUS

KARIMA SALIHANISA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL PENYAKIT GASTRITIS PADA MATA KULIAH GIZI KEBUTUHAN KHUSUS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis flipbook digital mengenai penyakit gastritis untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada mata kuliah Gizi Kebutuhan Khusus. Flipbook digital ini memuat materi lengkap tentang penyakit gastritis meliputi pengertian, gejala, penyebab, pencegahan, hingga diet penyakit gastritis yang disertai dengan gambar, video, audio, serta latihan soal untuk mendukung pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan Bergman dan Moore yang terdiri atas enam tahap: analisis, desain, pengembangan, produksi, penggabungan, dan validasi. Tahap analisis mencakup identifikasi masalah, sasaran, tugas, dan lingkungan. Tahap desain menghasilkan bagan desain rinci. Pengembangan mencakup penyusunan garis besar isi materi, storyboard, dan jabaran materi. Produksi mengimplementasikan semua dokumen ke dalam bentuk flipbook digital. Penggabungan meliputi pengkodean, pengujian, dan penyetelan produk. Validasi dilakukan melalui uji ahli (materi, media, dan bahasa) serta uji coba pengguna (one-to-one, small group, dan field test). Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menilai persentase kelayakan dan kualitatif untuk perbaikan saran dari ahli dan pengguna. Hasil validasi menunjukkan hasil sangat layak dengan skor: 95% (ahli materi), 91% (ahli bahasa), dan 88% (ahli media). Uji coba pengguna memperoleh hasil 90% (one-to-one), 87% (small group), dan 91% (field test). Respon mahasiswa mencapai 91,5% dan tergolong sangat positif. Implikasi dari flipbook digital ini adalah sebagai media pembelajaran interaktif yang menarik, mudah diakses, dan relevan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi penyakit gastritis. ******* This study aims to develop and evaluate the feasibility of a digital flipbook-based learning media on gastritis for students of the Culinary Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), in the Special Needs Nutrition course. The digital flipbook contains comprehensive materials on gastritis, including definitions, symptoms, causes, prevention, and dietary management, accompanied by images, videos, audio, and practice questions to support the learning process. The method used is Research and Development (R&D) with the Bergman and Moore development model, which consists of six stages: analysis, design, development, production, integration, and validation. The analysis stage includes identifying problems, learners, tasks, and the learning environment. The design stage results in a detailed design diagram. The development stage involves creating content outlines, storyboards, and learning materials. In the production stage, all documents are implemented into the digital flipbook format. The integration stage includes coding, testing, and adjusting the product. Validation is conducted through expert reviews (content, media, and language) and user testing (one-to-one, small group, and field test). Data analysis uses a quantitative descriptive approach to assess feasibility percentages and a qualitative approach for revisions based on expert and user feedback. The validation results indicate a high level of feasibility: 95% (content expert), 91% (language expert), and 88% (media expert). User trials yielded 90% (one-to-one), 87% (small group), and 91% (field test). Student responses reached 91.5%, indicating a very strong and positive reception.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusilanti, M.Si. ; 2). Dr. Nur Riska, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Kedokteran > Keperawatan > Diet, Kesehatan Jasmani
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 29410 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2025 05:30
Last Modified: 11 Aug 2025 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59675

Actions (login required)

View Item View Item