JODIE FIRJATULLAH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN (APLIKASI CICI AI), KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X DAN XI MPLB SMKN 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_BAB 1.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
Jodie Firjatullah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kecerdasan buatan (aplikasi Cici AI), kemandirian belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Penelitian ini dilaksanakan selama sepuluh bulan, yaitu dari Oktober 2024 hingga Juli 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan desain penelitian eksplanatori tipe cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI jurusan MPLB di SMKN 16 Jakarta, dengan sampel sebanyak 105 responden yang dipilih secara random sampling berdasarkan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner daring, dan teknik analisis data menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan kecerdasan buatan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y), 2) kemandirian belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y), dan 3) lingkungan belajar (X3) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan AI, penguatan kemandirian belajar, dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. *** This study aims to determine the effect of artificial intelligence utilization (Cici AI application), learning independence, and learning environment on students’ learning outcomes in the Office Technology subject. The study was conducted over a ten-month period, from October 2024 to July 2025. The research employed a quantitative approach and an explanatory cross-sectional design. The population in this study consisted of all Grade X and XI MPLB students at SMKN 16 Jakarta, with a total sample of 105 respondents selected through proportional random sampling. Data collection was carried out using an online questionnaire, and data analysis was conducted using SmartPLS 4. The results indicate that: 1) artificial intelligence utilization (X1) has a positive and significant effect on learning outcomes (Y), 2) learning independence (X2) has a positive and significant effect on learning outcomes (Y), and 3) the learning environment (X3) also has a positive and significant effect on learning outcomes (Y). This study concludes that AI utilization, strengthening of learning independence, and creation of a conducive learning environment can enhance students' academic performance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Darma Rika Swaramarinda, M.S.E., Ph.D. ; 2). Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Jodie Firjatullah . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 05:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 05:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |