RINTISAN USAHA PRODUK BAKPIA GURIH ISIAN IKAN TONGKOL DAN TEMPE RASA SAMBAL MATAH "BAKKATE"

NAYLA HANSA, . (2025) RINTISAN USAHA PRODUK BAKPIA GURIH ISIAN IKAN TONGKOL DAN TEMPE RASA SAMBAL MATAH "BAKKATE". Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran yang digunakan oleh rintisan usaha bakpia gurih isian ikan tongkol dan tempe rasa sambal matah, dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk bakpia gurih. Produk ini dipasarkan dengan merek dagang Bakkate, yang merupakan singkatan dari ‘Bakpia Ikan dan Tempe’. Target pasar Bakkate adalah konsumen dari kalangan remaja hingga dewasa. Strategi pemasaran yang efektif melalui offline dengan cara word of mouth dan dilakukan melalui pemanfaatan media sosial. Harga jual produk ditetapkan sebesar Rp 22.000 per dus dengan berat bersih 240 gram, dengan kenaikan harga jual sebesar 50%. Hasil penjualan selama satu bulan menunjukkan pencapaian yang memenuhi target, dengan pendapatan penjualan sebesar Rp 2.208.000 rupiah dari modal pendapatan sebesar Rp 798.328 Sementara itu, biaya investasi awal yang diperlukan sebesar Rp 3.077.500 dengan estimasi titik impas (break even point) dapat dicapai dalam waktu 9 bulan. Selanjutnya dilakukan analisis kepuasan konsumen terhadap produk bakpia gurih isian ikan tongkol dan tempe yang dilihat dari aspek penilaian keseluruhan mulai dari produk, harga, pelayanan, hingga kemasan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis didapatkan nilai persentase kepuasan untuk aspek rasa sebesar 92%, untuk aspek aroma isian sebesar 84%, untuk aspek kesesuaian harga terhadap jumlah produk dalam kemasan sebesar 90,6%, untuk aspek kesesuaian harga terhadap kualitas bakpia sebesar 89,3%, untuk aspek ketepatan dalam melayani pesananan sebesar 88%, untuk aspek kecepatan dalam melayani pesanan 88,6%, untuk aspek keramahan dalam melayani konsumen 90,6%, untuk aspek kemudahan dalam membeli produk 90%, untuk aspek kelengkapan informasi pada kemasan 89,3%, untuk aspek kepuasan terhadap bentuk, desain kemasan 92%. ***** This study aims to examine the marketing strategies implemented by a startup business producing savory bakpia filled with mackarel tuna and tempeh in sambal matah flavor, as well as to analyze customer satisfaction toward the product. The product is marketed under the brand name "Bakkate," an abbreviation of Bakpia Ikan dan Tempe (Mackarel Tuna and Tempeh Bakpia). Bakkate targets a market segment ranging from teenagers to adults. Its marketing strategy combines offline promotion through word-of-mouth and online promotion via social media platforms. The product is sold at a retail price of IDR 22,000 per box with a net weight of 240 grams, reflecting a 50% markup. Sales over the course of one month reached the targeted goal, generating revenue of IDR 2,208,000 from a capital investment of IDR 798,328. The initial investment required amounted to IDR 3,077,500, with an estimated break-even point (BEP) projected within nine months. Further analysis was conducted to evaluate customer satisfaction based on various aspects, including product quality, pricing, service, and packaging, using descriptive analysis techniques. The results indicated high levels of customer satisfaction, with the following scores: taste (92%), aroma of the filling (84%), price-to-quantity ratio (90.6%), price-to-quality ratio (89.3%), order accuracy (88%), order speed (88.6%), service friendliness (90.6%), ease of purchase (90%), completeness of information on packaging (89.3%), and satisfaction with the packaging design and appearance (92%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Ir. Alsuhendra., M.Si. ; 2. Dr. Ir. Ridawati., M.Si.
Subjects: Tata Boga
Divisions: FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan
Depositing User: Users 30215 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:51
Last Modified: 13 Aug 2025 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59756

Actions (login required)

View Item View Item