PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TATA RIAS PENGANTIN JAWA “SOLO BASAHAN” (STUDI KASUS SANGGAR ARRUSA WEDDING DI KOTA DKI JAKARTA)

MEGA KARTIKA, . (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TATA RIAS PENGANTIN JAWA “SOLO BASAHAN” (STUDI KASUS SANGGAR ARRUSA WEDDING DI KOTA DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan dan harga yang memengaruhi kepuasan konsumen terhadap jasa tata rias pengantin Jawa terdapat indikasi bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap jasa Solo Basahan masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa tata rias pengantin Jawa “solo basahan” di DKI Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampelnya yaitu total sampling. Responden penelitian berjumlah 32 orang pengguna jasa. Penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data telah memenuhi uji persyaratan analisis yaitu berdistribusi normal dan linier. Hasil perhitungan uji-t pada variabel kualitas pelayanan menunjukkan nilai p-value sebesar 0,025 (p-value < 0,05), yang berarti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel harga menghasilkan nilai p-value sebesar 0,565 (p-value > 0,05), yang berarti pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen tidak signifikan. Nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,172 mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama menjelaskan 17,2% variasi kepuasan konsumen, sementara 82,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor dominan yang memengaruhi kepuasan konsumen jasa tata rias pengantin Jawa “Solo Basahan” di DKI Jakarta. ***** The quality of service and pricing that influence consumer satisfaction in Javanese bridal makeup services indicate that the level of customer satisfaction with the "Solo Basahan" bridal service is still not optimal. This study aims to examine the influence of service quality and price on consumer satisfaction among users of the “Solo Basahan” Javanese bridal makeup services in DKI Jakarta. The research employed a quantitative associative approach, with data collected through questionnaires and respondents selected using total sampling. The sample consisted of 32 users of the bridal makeup service, and the study was conducted in DKI Jakarta. The analysis results show that the data met the assumptions of normality and linearity, making it appropriate for multiple linear regression analysis. The t-test results indicate that service quality has a significant effect on consumer satisfaction (p-value = 0.025 < 0.05), while price does not have a significant effect (p-value = 0.565 > 0.05). The coefficient of determination (R²) is 0.172, indicating that service quality and price together explain 17.2% of the variation in consumer satisfaction, while the remaining 82.8% is influenced by other factors outside the model. Thus, it can be concluded that service quality is the dominant factor influencing consumer satisfaction in the “Solo Basahan” Javanese bridal makeup services in DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Irtawidjajanti, M.Pd. ; 2). Dr. Dwi Atmanto, M,Si.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mega Kartika .
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:08
Last Modified: 12 Aug 2025 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59805

Actions (login required)

View Item View Item