PENGARUH KECEMASAN AKADEMIK DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PAJAK YANG DI MODERASI MOTIVASI BELAJAR DI SMK NEGERI JAKARTA PUSAT

RANIA SALSABILLA, . (2025) PENGARUH KECEMASAN AKADEMIK DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PAJAK YANG DI MODERASI MOTIVASI BELAJAR DI SMK NEGERI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecemasan akademik dan self efficacy terhadap hasil belajar administrasi pajak yang dimoderasi motivasi belajar di SMK negeri jakarta pusat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan metode kuesioner dan data sekunder diambil dari nilai hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan proportional random sampling. Objek penelitian adalah SMK Negeri 31 Jakarta dan SMK Negeri 14 Jakarta. Hasil belajar diukur dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Kecemasan akademik diukur menggunakan kuisioner atau angket. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 123 yang terdiri dari lima kelas. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda (MLR) dan analisis regresi moderasi (MRA) dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecemasan akademik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, ditunjukkan oleh (B = 0,163; p < 0,624) (2) self efficacy berpengaruh negatif signifikan terhadap hasil belajar, (B = -0,948; p < 0,014) (3) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, (B = -0,738; p < 0,110). (4) motivasi belajar tidak mampu memoderasi hubungan antara kecemasan akademik terhadap hasil belajar, ditunjukkan oleh (B = -0,00; p < 0,793 (4) self efficacy, motivasi belajar mampu memoderasi hubungan tersebut, ditunjukkan oleh (B = 0,009; p < 0,012) (5) terdapat pengaruh simultan dari kecemasan akademik, self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai diperoleh nilai F sebesar 3,206 dengan nilai signifikansi 0,009 (< 0,05). Temuan ini memberikan kontribusi empiris terhadap penguatan teori sosial kognitif dan memberikan implikasi praktis bagi sekolah. Implikasi praktis dari temuan ini mendorong peserta didik untuk meningkatkan keterlibatan aktif, menetapkan tujuan belajar yang jelas, serta membangun disiplin dan tanggung jawab akademik. Kata kunci: kecemasan akademik, self efficacy, motivasi belajar, hasil belajar. ***** This study aims to analyze the influence of academic anxiety and self efficacy on tax administration learning outcomes, moderated by learning motivation, among students at public vocational high schools in Central Jakarta. A quantitative approach was employed, using primary data collected through questionnaires and secondary data obtained from students' academic performance. The sampling technique used was proportional random sampling, with the research conducted at SMK Negeri 31 Jakarta and SMK Negeri 14 Jakarta. Learning outcomes were measured using the Year-End Assessment (PAT), while academic anxiety was assessed through a questionnaire. The sample consisted of 123 students from five classes. Data were analyzed using multiple linear regression (MLR) and moderation regression analysis (MRA) with SPSS version 25. The results showed that (1) academic anxiety had no significant effect on learning outcomes (B = 0.163; p < 0.624); (2) self efficacy had a significant negative effect on learning outcomes (B = -0.948; p < 0.014); (3) learning motivation had no significant effect on learning outcomes (B = -0.738; p < 0.110); (4) learning motivation did not moderate the relationship between academic anxiety and learning outcomes (B = -0.00; p < 0.793); and (5) learning motivation significantly moderated the relationship between self efficacy and learning outcomes (B = 0.009; p < 0.012). Additionally, there was a simultaneous effect of academic anxiety, self efficacy, and learning motivation on learning outcomes, with an F value of 3.206 and a significance level of 0.009 (< 0.05). These findings contribute empirical support to social cognitive theory and provide practical implications for schools, encouraging students to increase active engagement, set clear learning goals, and develop academic discipline and responsibility. Keywords: academic anxiety, self efficacy, learning motivation, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Mardi, M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rania salsabilla .
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:53
Last Modified: 12 Aug 2025 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59843

Actions (login required)

View Item View Item