ZAHRAH SALWA NABILAH, . (2025) DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP BAKPIA GURIH ISIAN IKAN TONGKOL DAN TEMPE RASA SAMBAL MATAH DENGAN PERSENTASE BERBEDA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan inovasi bakpia gurih isian ikan tongkol dan tempe rasa sambal matah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya terima konsumen terhadap bakpia gurih isian ikan tongkol dan tempe rasa sambal matah dengan persentase 30%, 40%, dan 50%. Metode yang digunakan adalah survei dengan uji hedonik. Panel yang digunakan adalah 100 panel konsumen dengan rentan usia 15 - 65 tahun yang tinggal di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan atau mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil uji daya terima konsumen menyatakan bahwa pada aspek warna kulit dengan skor 4,4 (suka), warna isian dengan skor 4,2 (suka), aroma ikan tongkol dengan skor 4,1 (suka), aroma tempe dengan skor 4,2 (suka), aroma sambal matah dengan skor 4,3 (suka), rasa ikan tongkol dengan skor 4,2 (suka), rasa tempe dengan skor 4,1 (suka), rasa sambal matah dengan skor 4,4 (suka), tekstur isian dengan skor 4,4 (suka). Berdasarkan aspek penilaian keseluruhan konsumen paling menyukai persentase 40% sehingga pada penelitian ini bahwa bakpia gurih isian ikan tongkol dan tempe rasa sambal matah dengan persentase 40% adalah formula yang paling banyak disukai secara umum dengan skor 4,5 kategori suka berdasarkan penilaian dari aspek warna, aroma, rasa, dan tekstur. ***** This research is a continuation of the research development innovation savory bakpia stuffing mackarel tuna and tempeh sambal matah, this study aims to determine consumer acceptance of savory bakpia stuffing mackarel tuna and tempeh sambal matah with a percentage of 30%, 40%, and 50%. The method used is a survey with a hedonic test. The panels used are 100 consumer panels with vulnerable ages 15 - 65 years living in Bojong Rawalumbu Village, Bekasi city. Data analysis techniques used are descriptive analysis to describe or describe the results of research. The results of the consumer acceptance test stated that in the aspect of skin color with a score of 4.4 (like), filling color with a score of 4.2 (like), mackarel tuna fish aroma with a score of 4.1 (like), tempeh aroma with a score of 4.2 (like), sambal matah aroma with a score of 4.3 (like), mackarel tuna fish taste with a score of 4.2 (like), tempeh taste with a score of 4.1 (like), sambal matah taste with a score of 4.4 (like), stuffing texture with a score of 4.4 (like). Based on the aspect of the overall assessment of consumers most like the percentage of 40% so in this study that savory bakpia stuffed mackarel tuna and tempeh sambal matah with a percentage of 40% is the most widely preferred formula in general with a score of 4.5 categories like based on the assessment of aspects of color, aroma, taste, and texture.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ir. Alsuhendra, M.Si ; 2). Dr. Ir. Ridawati, M.Si |
Subjects: | Tata Boga |
Divisions: | FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan |
Depositing User: | Users 30216 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |