UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) PADA MATERI PLSV DI KELAS VII-C SMP NEGERI 224 JAKARTA

SITI ROHMAHWATI, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) PADA MATERI PLSV DI KELAS VII-C SMP NEGERI 224 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-3115154895.pdf

Download (68kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (76kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK SITI ROHMAHWATI. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) pada Materi PLSV di Kelas VII-C SMP Negeri 224 Jakarta. Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2020. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi PLSV melalui model pembelajaran FSLC. Pembelajaran FSLC terdiri dari beberapa tahap, yaitu formulate, share, listen dan create. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Pada penelitian ini dipilih enam orang siswa sebagai subjek penelitian yang dipilih dari 34 siswa kelas VII-C SMPN 224 Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes akhir siklus, lembar observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran FSLC dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Presentase kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-C pada siklus I yaitu 31,43% telah mencapai nilai minimum, pada siklus II meningkat menjadi 82,86% dan pada siklus III meningkat menjadi 97,06%. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran FSLC, PTK, Siswa SMP   ABSTRACT SITI ROHMAHWATI. Improving students’ mathematical concept through Formulate Share Listen Create (FSLC) Learning Model on PLSV Material in Class VII-C SMP Negeri 224 Jakarta. Mini Thesis, Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University. January 2020. The purpose of the research is to improve students’ understanding of PLSV material through FSLC learning models. The model consist of several steps, i.e : formulate, share, listen, and create. The method with class action research (CAR) designed in 3 cycles and each cycle consist of 4 stages, they are planning, implementation, analysis and reflection. In this study, 6 of 34 students of VII-C SMPN 224 Jakarta as the research subjects. The instruments used are test questions, observation sheets, field notes, interviews and documentation. The results showed that the FSLC learning model can improve students' understanding of mathematical concept skills. The percentage of students' understanding concepts in the first cycle is 31.43% which has reached the minimum value, in the second cycle increased to 82.86% and in the third cycle increased to 97.06%. Keywords: Understanding of Mathematical Concepts, FSLC Learning Models, CAR, Junior high school student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2) Dwi Antari Wijayanti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2171 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 16:34
Last Modified: 17 Apr 2020 16:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item View Item