TSABITAH NISWI ZAHIYYAH, . (2025) PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO TUTORIAL MELALUI MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR NAIL ART (Studi Kasus Peserta Didik SMK Negeri 3 Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERNYATAAN, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV (2).pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi pada bidang IPTEK saat ini berkembang pesat. Salah satunya media YouTube yang digunakan sebagai media pembelajaran. YouTube dapat digunakan dalam pembelajaran yang praktis, inovatif, serta mudah diakses dimana saja. YouTube telah menjadi platform yang sering digunakan khususnya kalangan peserta didik tidak hanya sebagai hiburan tetapi sebagai pembelajaran. Oleh karena itu Media YouTube berupa video tutorial efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar salah satunya adalah mata pelajaran nail art. Penggunaan media YouTube. Diharapkan pembelajaran berbasis video tutorial melalui media YouTube materi dapat tersampaikan dan meningkatkan pemahaman serta referensi pada mata pelajaran nail art. Intensitas menonton diartikan sebagai tingkat keseringan (frekuensi), kualitas atau durasi serta daya konsentrasi seseorang dalam menonton. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh menonton video tutorial melalui media YouTube terhadap hasil belajar pada peserta didik SMKN 3 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMKN 3 Kota Tangerang kelas XI Tata Kecantikan 1 berjumlah 30 peserta didik, Teknik pengambilan data melalui kuisioner google form dan pengambilan nilai peserta didik. metode pengambilan sampel ini menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data primer untuk mengukur intensitas menonton dan hasil belajar nail art. Analisis data penelitian ini menggunakan Korelasi Pearson Product moment dengan bantuan software SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh dari menonton video tutorial terhadap hasil belajar nail art sebesar 67,8%. Kesimpulan penelitian, Media YouTube tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan melainkan dapat menjadi media pembelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar. Jika intensitas menonton video tutorial nail art semakin besar maka hasil belajar akan semakin besar juga hasil belajar yang akan didapatkan. ***** The development of technology in the field of science and technology is growing rapidly. One of them is YouTube media which is used as a learning medium. YouTube can used in practical, innovative, and easily accessible learning anywhere. YouTube has become a platform that is often used, especially among students, not only as entertainment but also as learning. Therefore, YouTube media in the form of video tutorials is effectively used to improve learning outcomes, one of which is the nail art subject. Use of YouTube media. It is expected that video tutorial-based learning through YouTube media can convey material and improve understanding and references in the nail art subject. Watching intensity is interpreted as the level of frequency, quality or duration and a person’s concecentration in watching. This study was conducted to determine the effect of watching video tutorials through YouTube media on learning outcomes in students of SMKN 3 Tangerang City. This study uses a quantitative approach with aquasi experimental method. The population of this study was students of SMKN 3 Tangerang City, class XI Tata Kecantikan 1, totaling 30 students. The data collection technique was through a google form questionnaire and taking student score. This sampling method uses purposive sampling. The data collection technique uses a questionnaire and primary data to measure th intensity of watching and learning outcomes of nail art. The data analysis of this study used Pearson Product Moment Correlation with the help of this study indicate that there is an influence of watching video tutorials on learning outcomes of nail art by 67.8%. the conclusion of the study, Youtube media not only functions as a means of entertainment but can also be a useful learning medium for students in improving learning outcomes. If the intensity of watching nail art video tutorials is greater, the learning outcomes will be greater as well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Titin Supiani, S.Pd., M.Pd. 2). Prof. Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si., Apt., M.Si. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Tsabitah Niswi Zahiyyah . |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:56 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |