PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN, SERTA LITERASI EKONOMI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA SMAN DI CIRACAS

FADHILAH ALWAN, . (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN, SERTA LITERASI EKONOMI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA SMAN DI CIRACAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan, Serta Literasi Ekonomi Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediasi Pada Siswa Sman Di Ciracas. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. 2025. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan serta literasi ekonomi terhadap intensi berwirausaha, dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi pada siswa SMAN di Ciracas, Jakarta Timur. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya intensi berwirausaha siswa berdasarkan hasil pra survei, serta tingginya tingkat pengangguran lulusan SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada siswa kelas XI dari tiga sekolah, yaitu SMAN 99, SMAN 58, dan SMAN 105 Jakarta. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan serta literasi ekonomi berpengaruh positif terhadap efikasi diri dan intensi berwirausaha. Efikasi diri juga terbukti menjadi variabel mediasi parsial yang signifikan dalam hubungan antara kedua variabel bebas tersebut dengan intensi berwirausaha. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penguatan pendidikan kewirausahaan dan peningkatan literasi ekonomi di sekolah untuk membentuk kepercayaan diri serta semangat wirausaha sejak dini pada siswa. Kata kunci: pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, literasi ekonomi, efikasi diri, intensi berwirausaha, siswa SMAN ***** The Effect Of Workshop And Entrepreneurship Learning, And Economic Literacy On Entrepreneurial Intention With Self-Efficacy As A Mediation Variable In Sman Students In Ciracas. Economic Education Study Program, Faculty of Economics and Business, Jakarta State University. 2025. This study aims to analyze the influence of Craft and Entrepreneurship Learning as well as economic literacy on entrepreneurial intention, with self efficacy as a mediating variable among senior high school students in Ciracas, East Jakarta. The research is grounded in the issue of low entrepreneurial intention among students based on preliminary survey results, and the persistently high unemployment rate among high school graduates. This study adopts a quantitative approach using a survey method through questionnaires distributed to 11th-grade students from three schools: SMAN 99, SMAN 58, and SMAN 105 Jakarta. Data were analyzed using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLSSEM) method. The results indicate that both Craft and Entrepreneurship Learning and economic literacy have a positive effect on self-efficacy and entrepreneurial intention. Moreover, self efficacy is proven to be a significant partial mediating variable in the relationship between the independent variables and entrepreneurial intention. This research recommends strengthening entrepreneurship education and improving economic literacy in schools as strategies to foster students’ confidence and entrepreneurial spirit from an early age. Keywords: craft and entrepreneurship learning, economic literacy, self-efficacy, entrepreneurial intention, high school students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Suparno, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Fadhilah Alwan .
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:56
Last Modified: 12 Aug 2025 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59968

Actions (login required)

View Item View Item