ALIFA DWI MARPURI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO MICROLEARNING MELALUI PLATFORM INSTAGRAM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan akan pembelajaran yang adaptif dan efisien mendorong munculnya pendekatan microlearning dalam dunia pendidikan. Microlearning merupakan metode pembelajaran yang membagi materi menjadi bagian-bagian kecil, terfokus, dan mudah diakses, sesuai dengan karakteristik generasi digital saat ini. Instagram sebagai media sosial yang populer di kalangan pelajar dinilai relevan untuk dimanfaatkan sebagai platform pembelajaran karena memiliki fitur yang mendukung penyampaian konten secara visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis microlearning mengenai materi pemanasan global melalui platform Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Produk yang dikembangkan telah melalui proses kelayakan oleh para ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori sangat layak dari ahli media (91,11%), sangat layak dari ahli materi (88,89%) dan sangat layak dari ahli media pembelajaran (83,33%). Uji coba terbatas menunjukkan respons sangat baik dari guru (96,94%) dan siswa (92,88%). Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran Fisika, khususnya pada materi pemanasan global. /***** The need for adaptive and efficient learning has led to the emergence of microlearning approaches in education. Microlearning is a learning method that breaks down material into small, focused, and easily accessible segments, aligning with the characteristics of today’s digital generation. Instagram, as a popular social media platform among students, is considered relevant for educational use due to its features that support visual and interactive content delivery. This study aims to develop microlearning-based learning media on global warming material through the Instagram platform. The research employed a research and development method using the ADDIE model. The developed product underwent feasibility assessments by experts, resulting in a "highly feasible" category from media experts (91.11%), subject matter experts (88.89%), and instructional media experts (83.33%). A limited trial showed excellent responses from teachers (96.94%) and students (92.88%). Thus, the developed media is considered feasible to be used as a supporting tool for physics learning, particularly on the topic of global warming.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si. 2). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si., M. Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Alifa Dwi Marpuri . |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |