HANDOKO, . (2025) DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PRODUK MODIFIKASI FUKIEN IKAN KEMBUNG BANJAR DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG TALAS BELITUNG (XANTHOSOMA SAGITTIFOLIUM) SEBAGAI BAHAN PENGIKAT. Sarjana thesis, UNIVERITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya terima konsumen pada produk fukien ikan kembung banjar dengan substitusi tepung talas Belitung sebagai bahan pengikat. Pembuatan fukien ikan kembung banjar dengan substitusi tepung talas Belitung sebagai bahan pengikat ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan, Gedung H, Program Studi Sarjana Terapan Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, dimulai dari bulan Februari 2025 hingga Agustus 2025. Selanjutnya dilakukan uji daya terima konsumen yang bertempat tinggal di daerah Jakarta Timur sebanyak 100 orang sebagai panelis konsumen yang tidak memiliki alergi terhadap tepung talas Belitung, ikan kembung, dan kulit tahu. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis daya terima konsumen terhadap produk fukien ikan kembung banjar dengan substitusi tepung talas Belitung sebagai bahan pengikat yang dilihat dari aspek warna bagian dalam, aspek rasa ikan kembung, aspek rasa talas Belitung, aspek rasa gurih, aspek aroma ikan kembung segar, aspek aroma talas Belitung, dan aspek tekstur bagian dalam. Berdasarkan hasil penelitian, aspek warna bagian dalam dengan persentase 4% paling disukai (mean 4.43), aspek rasa ikan kembung dengan persentase 4% paling disukai (mean 4.26), aspek rasa talas Belitung dengan persentase 4% paling disukai (mean 4.02), aspek rasa gurih dengan persentase 4% paling disukai (mean 4.46), aspek aroma ikan kembung segar dengan persentase 6% paling disukai (mean 4.15), aspek aroma talas Belitung dengan persentase 4% paling disukai (mean 4.04), dan aspek tekstur bagian dalam dengan persentase 4% paling disukai (mean 4.3). Dapat disimpulkan bahwa produk yang paling disukai dari fukien ikan kembung banjar dengan substitusi tepung talas Belitung sebagai bahan pengikat adalah pada persentase 4%. Maka produk dengan persentase 4% layak untuk diperjual belikan. ***** The purpose of this study was to analyze consumer acceptance of indian mackerel fukien products with Belitung taro flour substitution as a binder agent. The making of indian mackerel fukien with Belitung taro flour substitution as a binder agent was carried out in the Processing Laboratory, Building H, Applied Undergraduate Program of Culinary Arts and Food Service Management, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta, starting from February 2025 to August 2025. Furthermore, a consumer acceptance test was conducted on 100 people residing in East Jakarta as consumer panelists who did not have allergies to Belitung taro flour, indian mackerel, and tofu skin. The data analysis technique used descriptive analysis to analyze consumer acceptance of indian mackerel fukien products with Belitung taro flour substitution as a binder seen from the aspects of the inner color, indian mackerel taste aspect, Belitung taro taste aspect, savory taste aspect, fresh indian mackerel aroma aspect, Belitung taro aroma aspect, and inner texture aspect. Based on the results of the study, the aspect of the inner color with a percentage of 4% is the most preferred (mean 4.43), the aspect of the taste of indian mackerel with a percentage of 4% is the most preferred (mean 4.26), the aspect of the taste of Belitung taro with a percentage of 4% is the most preferred (mean 4.02), the aspect of the savory taste with a percentage of 4% is the most preferred (mean 4.46), the aspect of the aroma of fresh indian mackerel with a percentage of 6% is the most preferred (mean 4.15), the aspect of the aroma of Belitung taro with a percentage of 4% is the most preferred (mean 4.04), and the aspect of the inner texture with a percentage of 4% is the most preferred (mean 4.3). It can be concluded that the most preferred product of fukien indian mackerel with the substitution of Belitung taro flour as a binding agent is at a percentage of 4%. So the product with a percentage of 4% is worthy of being sold.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Annis Kandriasari, M.Pd. ; 2). Efrina, S.Tp., M.Sc. |
Subjects: | Tata Boga |
Divisions: | FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan |
Depositing User: | Users 30173 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:40 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |