PENGARUH POLA ASUH PERMISIF IBU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA

SEKAR AYUNINGTYAS KINASIH, . (2025) PENGARUH POLA ASUH PERMISIF IBU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh permisif ibu terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 451 siswa SMA di wilayah DKI Jakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah Pure Procrastination Scale (PPS) yang dikembangkan oleh Steel pada tahun 2010 untuk mengukur variabel prokrastinasi akademik dan Parental Authority Questionnaire (PAQ) yang dikembangkan oleh Buri pada tahun 1991 untuk mengukur variabel pola asuh permisif ibu. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana, yaitu uji statistik yang digunakan untuk menguji pengaruh satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh permisif ibu terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA sebesar 1%. Semakin tinggi pola asuh permisif ibu, semakin tinggi prokrastinasi akademik pada siswa SMA. ***** This study aims to determine whether there is a significant influence between maternal permissive parenting on academic procrastination in high school students. This study used a sample consisting of 451 high school students in the DKI Jakarta area. The sampling technique used in this study was cluster sampling technique. The data collection technique used in this study was the distribution of questionnaires. The instruments used were Pure Procrastination Scale (PPS) developed by Steel in 2010 to measure academic procrastination variables and Parental Authority Questionnaire (PAQ) developed by Buri in 1991 to measure maternal permissive parenting variables. The research data were analyzed using simple linear regression analysis, which is a statistical test used to test the effect of one independent variable on one dependent variable. The results showed that there was a significant positive influence between maternal permissive parenting on academic procrastination in high school students by 1%. The higher the mother's permissive parenting, the higher the academic procrastination in high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ernawati, M. Psi., Psikolog ; 2). Irma Rosalinda Lubis, S.Psi., M.Si, Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Sekar Ayuningtyas Kinasih .
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:11
Last Modified: 12 Aug 2025 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60146

Actions (login required)

View Item View Item