PENGARUH PEMANFAATAN AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) CHATGPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (STUDI KUANTITATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 42 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA)

MUTHIA AYU DZATI, . (2025) PENGARUH PEMANFAATAN AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) CHATGPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (STUDI KUANTITATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 42 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi-52-58.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi-59-83.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Muthia Ayu Dzati_1401621073_Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh yang dihasilkan dari pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental atau eksperimen semu dengan membagi sampel penelitian ke dalam dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang dihasilkan diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test serta uji independent sample t-test dalam mengetahui pengaruh yang diperoleh. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) ChatGPT memberikan pengaruh tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dikarenakan hasil uji independent sample t-test memiliki nilai 0.047 yang mana lebih kecil dari 0.05 sebagai taraf signifikansi. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat pengaruh yang dihasilkan dari pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Arah pengaruh yang dihasilkan memiliki arah positif karena rata-rata nilai post-test dari kelas eksperimen yang bernilai 83.31 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai 78.89. Selain itu, t-hitung yang dihasilkan bernilai -2.026 yang mana jika tanda minus dihiraukan, maka nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel yang bernilai 1.994. Hal tersebut memperkuat asumsi bahwa terdapat pengaruh dari pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Namun, pengaruh yang dihasilkan berada di tingkat yang sangat rendah karena koefisien determinasi atau R square sebagai uji pengaruh yang dihasilkan memiliki nilai 0.012 atau 1.2% dari 95% yang menandakan bahwa pengaruh tersebut tidak signifikan. Sebagai kesimpulan, maka pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) ChatGPT memberikan pengaruh tidak signifikan dengan arah pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 42 Jakarta. ***** This study aims to see the effect of the utilizing of AI (Artificial Intelligence) ChatGPT on students' critical thinking skills. This research uses an experimental method with a quasi experimental design by dividing the research sample into two classes as a control class and an experimental class. The resulting data were obtained by conducting pre-test and post-test as well as independent sample t-test in knowing the effect obtained. The results of this study reveal that the use of AI (Artificial Intelligence) ChatGPT has an insignificant effect on students' critical thinking skills. This is because the independent sample t-test results have a value of 0.047 which is smaller than 0.05 as the significance level. This indicates that the used of AI (Artificial Intelligence) ChatGPT has an impact on students' critical thinking skills. The direction of the resulting effect is positive, because the average post-test score of the experimental class, which was 83.31, was higher than the control class, which was 78.89. In addition, the resulting t-count is worth -2.026, which means if the minus sign is ignored, the t-count value is greater than the t-table which is worth 1.994. This strengthens the assumption that there is an effect of utilizing AI (Artificial Intelligence) ChatGPT on students' critical thinking skills. However, the resulting effect is at a very low level because the coefficient of determination or R square as a test of the resulting influence has a value of 0.012 or 1.2% of 95% which indicates that the influence is not significant. In conclusion, the use of AI (Artificial Intelligence) ChatGPT has an insignificant with positive effect on the critical thinking skills of grade X students at SMAN 42 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. 2. Mohammad Maiwan, M.Si., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Muthia Ayu Dzati .
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:09
Last Modified: 12 Aug 2025 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60175

Actions (login required)

View Item View Item