PENERAPAN METODESIX SIGMADALAM MENGANALISIS KINERJA PELAYANAN DOSEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNJ

EMIRIO ALVY REZKY, . (2016) PENERAPAN METODESIX SIGMADALAM MENGANALISIS KINERJA PELAYANAN DOSEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Proposal Skripsi six sigma.pdf

Download (1MB)
[img] Text
artikel six sigma.pdf

Download (285kB)
[img] Text
jurnal six sigma.pdf

Download (215kB)
[img] Text
POSTER.pdf

Download (813kB)

Abstract

Dosen selalu berusaha memberikan kinerja yang terbaik dalam memuaskan mahasiswanya.Akan tetapi pada kenyataannya, masih terdapat ketidakpuasan mahasiswa terhadap kinerja yang diberikan dosen. Tujuan Penelitian(1) Mengukur level sigma kinerja pelayanan dosen dalam proses belajar mengajar, (2) Memberikan usulan perbaikan kinerja pelayanan dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja pelayanan dosen.Analisa data menggunakan metode six sigma melalui tahap define, measure, analyze,dan improvement. hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab ketidakpuasan mahasiswa terhadap kinerja pelayanan dosen yaitu dosen memenuhi jumlah tatap muka minimal 14 minggu dalam satu semester, dosen selalu membantu dan mengarahkan dalam meminta perbaikan nilai, dosen datang tepat waktu pada saat jam perkuliahan, proses pembelajaran yang diberikan dosen dapat dicontoh/ditiru mahasiswa, dosen menginformasikan kepada mahasiswa apabila perkuliahan ditunda/tidak berjalan sesuai jadwal, dosen memberikan koreksi, umpan balik dan nilai pada latihan/tugas yang dikerjakan mahasiswa, dosen menginformasikan hasil ujian secara jelas dan transfaran. Berdasarkan Defect Per Milion Opportunities (DPMO) dosen selalu membantu dan mengarahkan dalam meminta perbaikan nilai mempunyai nilai DPMO tertinggi. Nilai DPMO yang paling tinggi menunjukan bahwa prioritas perbaikan perlu ditunjukan pada dosen selalu membantu dan mengarahkan dalam meminta perbaikan nilai.Namun terdapat beberapa kelemahan atau keterbatasan dalam penelitian yang dilakukan tidak melakukan atau menggunakan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aam Aminingsih Jumhur, ST., MT. ; 2). Ahmad Kholil, ST., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 10:40
Last Modified: 25 Oct 2019 10:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item