LULU SORAYA KAMALIANI, . (2025) PENGARUH INTENSITAS MENONTON PODCAST HUKUM DEDDY CORBUZIER TERHADAP PENGETAHUAN HUKUM MAHASISWA (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN FISH UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover-Daftar Lampian_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Download (832kB) |
![]() |
Text
BAB I_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB II_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFPUS_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_Skripsi Lulu Soraya Kamaliani.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton podcast hukum Deddy Corbuzier terhadap pengetahuan hukum mahasiswa. Podcast dipilih sebagai media pembelajaran nonformal karena dinilai mampu menyampaikan informasi hukum dengan cara yang menarik, mudah dipahami, dan relevan bagi generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain cross-sectional. Teori yang digunakan adalah Uses and Effects dari Sven Windahl, yang menjelaskan bahwa penggunaan media akan menimbulkan efek tertentu pada pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Jakarta, dengan sampel sebanyak 106 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner intensitas menonton dan tes pengetahuan hukum yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa intensitas menonton berada pada kategori sedang hingga tinggi (rata-rata 52,59), dan tingkat pengetahuan hukum mahasiswa juga tergolong cukup baik. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan secara statistik antara intensitas menonton podcast dan pengetahuan hukum mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan koefisien regresi 0,134. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,309 mengindikasikan bahwa intensitas menonton menyumbang 30,9% terhadap variasi pengetahuan hukum mahasiswa, yang tergolong dalam kategori pengaruh rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa podcast dapat berperan sebagai media pembelajaran tambahan yang efektif, meskipun masih terdapat faktor eksternal lain yang turut memengaruhi literasi hukum mahasiswa. Kata Kunci: Podcast, Pengetahuan Hukum, Mahasiswa, Media Digital, Uses and Effects ***** This study aims to examine the influence of the intensity of watching Deddy Corbuzier’s legal-themed podcasts on students’ legal knowledge. Podcasts are selected as a form of non-formal learning media due to their engaging format, ease of understanding, and relevance to younger generations. The research employed a quantitative approach using a survey method and a cross-sectional design. The theoretical framework used is Sven Windahl’s Uses and Effects theory, which explains that media usage produces specific effects on individuals based on their needs. The population in this study consisted of students from the Civic Education Study Program at Universitas Negeri Jakarta, with 106 respondents selected through purposive sampling. The instruments used were an intensity-watching questionnaire and a legal knowledge test, both tested for validity and reliability. Descriptive analysis showed that the intensity of podcast consumption was categorized as moderate to high (mean score: 52.59), and the level of students’ legal knowledge was also relatively good. The results of a simple linear regression analysis indicated a statistically significant relationship between podcast watching intensity and students’ legal knowledge, with a significance value of 0.000 (< 0.05) and a regression coefficient of 0.134. The coefficient of determination (R²) was 0.309, indicating that podcast-watching intensity explains 30.9% of the variance in legal knowledge, which is classified as a low influence. These findings suggest that legal podcasts can serve as an effective supplementary learning medium, although other external factors also contribute to students’ legal literacy. Keywords: Podcast, Legal Knowledge, Students, Digital Media, Uses and Effects
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sanusi, M.H. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, SH,. MH. |
Subjects: | Hukum > Hukum (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 30557 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:05 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |