GEBBY MELINDA, . (2025) PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATA KULINER (STUDI KASUS BLOK M). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, media sosial khususnya TikTok telah berkembang pesat dan mengubah pola konsumsi informasi masyarakat, yang di mana TikTok telah menjadi media promosi efektif dalam memengaruhi minat maupun keputusan konsumen untuk berkunjung ke destinasi wisata kuliner di Blok M melalui konten video pendek yang kreatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten promosi di media sosial TikTok terhadap keputusan berkunjung wisatawan untuk wisata kuliner di Blok M dan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh antara variabel promosi media sosial dengan variabel keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian yang dilakukan adalah kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling berupa purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 375 orang, menggunakan rumus issac dan michael. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang dibuat melalui google form dengan skala likert 1-5 dan disebarkan kepada responden pengguna TikTok yang pernah berkunjung ke Blok M. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yaitu validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji t, serta uji koefisien determinasi. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan Software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi media sosial TikTok berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,593 atau setara 59,3%, sedangkan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Promosi Media Sosial, TikTok, Keputusan Berkunjung, Blok M ***** In the current era of globalization and advances in information technology, social media, especially TikTok, has grown rapidly and changed people’s information consumption patterns, where TikTok has become an effective promotional media in influencing consumer interest and decisions to visit culinary tourist destinations in Blok M through creative and interesting short video content. This study aims to determine the effect of promotional content from TikTok social media on tourists' visiting decisions for culinary tours in Blok M and to determine how significant the influence between TikTok social media variables (X) and visiting decisions (Y) culinary tours in Blok M is. This research uses a descriptive method with a quantitative approach. The location of the research conducted was the Blok M area, South Jakarta. The sample collection technique used in this study was nonprobability sampling in the form of purposive sampling with 375 respondents, using the Issac and Michael formula. The research data was obtained from a questionnaire made through Google Form with a likert scale of 1-5 and distributed to TikTok user respondents who had visited Blok M. The data analysis technique used is the instrument test, namely validity and reliability, simple linear regression test, t test, and coefficient of determination test. Research data processing was carried out using the help of SPSS software version 25. The results showed that TikTok social media promotion had a significant effect on visiting decisions with a coefficient of determination of 0,593 or equivalent to 59,3%, while the remaining 40,7% was influenced by other factors. Keywords: Social Media Promotion, TikTok, Visiting Decisions, Blok M
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lala Siti Sahara, S.Pd., M.Si. ; 2). Fajar Aditya Nugroho, M.Par. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pariwisata |
Divisions: | FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Users 28250 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:39 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |