ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS MAHASISWA CALON GURU VOKASIONAL PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK

LAELA ALGHAF FARIA, . (2025) ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS MAHASISWA CALON GURU VOKASIONAL PADA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan belajar yang beragam, kondisi siswa yang berbeda-beda, serta keterbatasan pengalaman mengajar menjadi faktor yang memengaruhi pelaksanaan dalam mengelola kelas yang efektif, sehingga mahasiswa calon guru vokasional perlu memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan keterampilan mengelola kelas yang dihadapi mahasiswa calon guru vokasional pada pelaksanaan Praktik Keterampilan Mengajar di SMK. Ditinjau dari lima aspek, yaitu fasilitas, administrasi, perilaku siswa, perbedaan individu, dan perilaku guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Kuesioner disebarkan kepada 90 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan yang telah mengikuti Praktik Keterampilan Mengajar di SMK. Hasil menunjukkan bahwa permasalahan paling dominan terdapat pada aspek fasilitas sebesar 23 %, diikuti oleh perilaku siswa sebesar 21 %, dan perbedaan individu 20 %. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa telah menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengelola kelas, mereka masih menghadapi hambatan dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi fasilitas sekolah dan perilaku siswa. Pentingnya peningkatan pembekalan yang lebih menyeluruh dalam aspek praktis dan pedagogis sebelum mahasiswa menjalani Praktik Keterampilan Mengajar. ***** The diversity of learning environments, differences in student characteristics, and limited teaching experience are factors that affect the effectiveness of classroom management. Therefore, vocational teacher candidates need to possess strong classroom management skills. This study aims to analyze classroom management problems faced by vocational teacher candidates during their Teaching Skills Practice in vocational high schools (SMK), based on five aspects: facilities, administration, student behavior, individual differences, and teacher behavior. A quantitative approach was employed using a survey method. Questionnaires were distributed to 90 students from the Building Engineering Education program who had participated in the teaching practice at SMK. The results show that the most dominant issue lies in the facilities aspect (23%), followed by student behavior (21%), and individual differences (20%). These findings indicate that although students have demonstrated good classroom management skills, they still face challenges in adapting the learning process to limited school facilities and student behavior. This highlights the need for more comprehensive preparation in both practical and pedagogical aspects before students undertake their teaching practice.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Laela Alghaf Faria .
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:36
Last Modified: 13 Aug 2025 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60658

Actions (login required)

View Item View Item