HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

TITIS MELIA SANINI, . (2025) HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep pencemaran lingkungan merupakan aspek penting dalam pendidikan yang mendukung kesadaran dan perilaku ramah lingkungan. Namun, tingkat pemahaman peserta didik seringkali dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, seperti regulasi diri dalam belajar serta kemampuan literasi digital, yang menjadi keterampilan penting dalam pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan literasi digital dengan pemahaman konsep pencemaran lingkungan pada peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel terdiri dari 84 siswa kelas XI di SMA Negeri 101 Jakarta yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan mencakup kuesioner regulasi diri dalam belajar, tes literasi digital, dan tes pemahaman konsep pencemaran lingkungan. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan literasi digital dengan pemahaman konsep pencemaran lingkungan (model regresi: Ŷ = 4,823 + 0,525X₁ + 0,527X₂; p < 0,001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan literasi digital dengan pemahaman konsep pencemaran lingkungan. Secara parsial, regulasi diri dalam belajar memberikan kontribusi sebesar 69,30% dan literasi digital sebesar 71,11% terhadap pemahaman konsep pencemaran lingkungan, sedangkan secara simultan kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 74,90%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri dan literasi digital peserta didik, maka semakin baik pula pemahaman mereka terhadap konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci : regulasi diri, literasi digital, pemahaman konsep, pencemaran lingkungan ***** The Relationship between Self-Regulated Understanding the concept of environmental pollution is a crucial aspect of education that supports environmental awareness and eco-friendly behavior. However, students’ level of understanding is often influenced by both internal and external factors, such as self-regulated learning and digital literacy skills that are essential in 21st-century learning. This study aims to examine the relationship between self-regulated learning and digital literacy with students' understanding of the concept of environmental pollution at the senior high school level. A quantitative approach with a descriptive correlational method was used. The sample consisted of 84 eleventh-grade students from SMA Negeri 101 Jakarta, selected through a simple random sampling technique. The instruments used included a self-regulated learning questionnaire, a digital literacy test, and a test on understanding the concept of environmental pollution. Data analysis was conducted using multiple linear regression. The analysis results showed a positive and significant relationship between self-regulated learning and digital literacy with the understanding of the concept of environmental pollution (regression model: Ŷ = 4.823 + 0.525X₁ + 0.527X₂; p < 0.001). The findings indicate that there is a positive and significant relationship between self-regulated learning and digital literacy with students’ understanding of environmental pollution. Partially, self-regulated learning contributed 69.30% and digital literacy 71.11% to the understanding of environmental pollution concepts, while simultaneously, both variables contributed 74.90%. This indicates that the higher the level of students’ self-regulation and digital literacy, the better their understanding of the concept of environmental pollution. Keywords : self-regulation, digital literacy, conceptual understanding, environmental pollution

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, S.Pd., M.Pd. 2). Prof. Dr. Ratna Komala, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Titis Melia Sanini .
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:12
Last Modified: 13 Aug 2025 08:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60789

Actions (login required)

View Item View Item