KARISMA TRIYA AZZAHRA, . (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI BILANGAN CACAH KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran matematika di kelas V SD masih menghadapi masalah yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang disebabkan oleh penggunaan bahan ajar yang tidak variatif dan kurang relevan dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bermuatan open-ended problem pada materi bilangan cacah di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi tujuh langkah. Hasil validasi dari ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat layak” dengan rata-rata skor validasi mencapai 95%. Uji coba terbatas kepada 10 siswa kelas V memperoleh tingkat kelayakan sebesar 91%, yang juga termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis open-ended problem berkontribusi positif dan efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir terbuka dan kreativitas siswa. LKPD ini membantu siswa memahami dan menyelesaikan masalah matematika dengan berbagai cara, serta meningkatkan interaksi dan kolaborasi dalam menciptakan proses pembelajaran matematika yang lebih aktif, reflektif, dan bermakna. ***** Mathematics learning in fifth-grade elementary school still faces challenges, namely low critical and creative thinking skills in students, caused by the use of teaching materials that are not varied and not relevant to real-life contexts. This study aims to develop open-ended problem-based Student Worksheets (LKPD) for mathematics learning on whole numbers in fifth-grade elementary school. This study used the Research and Development (R&D) method with the Borg & Gall model, modified by Sugiyono into seven steps. Validation results from material, media, and language experts indicate that the developed LKPD falls into the "very feasible" category, with an average validation score of 95%. A limited trial with 10 fifth-grade students resulted in a feasibility rating of 91%, also categorized as very feasible. The results of this study indicate that the use of open-ended problem-based LKPD contributes positively and effectively to stimulating students' open-minded thinking and creativity. These LKPD help students understand and solve mathematical problems in various ways, and also increase interaction and collaboration, creating a more active, reflective, and meaningful mathematics learning process.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Endang M Kurnianti, M. Ed. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Karisma Triya Azzahra . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:40 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |