TRI DANI RIZKY, . (2025) OPTIMALISASI DESAIN SWING ARM GANDA PADA MOTOR 110 CC DENGAN METODE STRESS LIFE FATIGUE MENGGUNAKAN ALTAIR INSPIRE DAN ALTAIR HYPERLIFE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ketika pengendara bermotor memberikan beban berlebih yang tidak sesuai regulasi pabrikan dan cuaca hujan yang bisa menyebabkan material yang mudah korosi akan berpengaruh kepada perubahan struktur sepeda motor terutama pada lengan ayun yang menerima banyak tegangan berlebih dari segala arah. Pemilihan komponen lengan ayun didasarkan pada perannya yang krusial pada sasis sepeda motor terutama dalam sistem suspensi, yang memberikan dukungan dan stabilitas penting pada poros belakang. Analisis struktur yang dilakukan pada lengan ayun bertujuan untuk mengetahui karakteristik struktur lengan ayun sepeda motor pada sistem suspensi ganda. Tujuan dari optimalisasi desain lengan ayun dengan metode pendekatan berbasis simulasi optimasi desain dan analisis siklus kehidupan menggunakan metode elemen hingga dengan mempertimbangkan tegangan, deformasi, dan faktor keselamatan untuk mencapai keseimbangan antara kinerja, daya tahan, dan memastikan fungsionalitas serta keamanan lengan ayun yang optimal. Pengoptimalan struktur dengan variabel berat 100%, 85%, 70% dengan parameter gaya maksimal pada saat sepeda motor berjalan di jalan raya. Gaya yang berkerja pada saat sepeda motor berjalan diantaranya beban pengemudi dan penumpang seberat 138 Kg, beban saat berbelok dengan kecepatan 22,64 Km/h, serta beban ketika melakukan akselerasi dari kecepatan 0 Km/h sampai kecepatan 61,5 Km/h. Hasil dari penelitian ini, dengan metode optimasi topologi pada lengan ayun dapat mengurangi berat dari semula sebesar 2,7 Kg menjadi yang paling rendah sebesar 1.9 Kg. Pada hasil desain yang dioptimalkan dengan persentase berat 100% lebih unggul dikarenakan damage yang diterima sebesar 164,1 dengan siklus kehidupan hingga terjadinya kelelahan sebesar 609300 siklus dan factor of safety dari pengujian stress life sebesar 1,6 dibandingkan dengan lengan ayun desain awal didapatkan kerusakan sebesar 210,9 dengan siklus kehidupan hingga terjadinya kelelahan sebesar 430300 siklus dan factor of safety dari pengujian stress life sebesar 1,3. ***** When a rider applies excessive loads beyond manufacturer regulations, and rainy weather can cause materials to corrode easily, this can impact the motorcycle's structure, particularly the swingarm, which experiences excessive stress from all directions. The selection of swingarm components is based on their crucial role in the motorcycle's chassis, particularly in the suspension system, which provides critical support and stability to the rear axle. Structural analysis of the swingarm aims to determine the structural characteristics of a motorcycle's swingarm in a dual suspension system. The purpose of optimizing the swing arm design with a simulation-based approach to design optimization and life cycle analysis using the finite element method by considering stress, deformation, and safety factors to achieve a balance between performance, durability, and ensuring optimal functionality and safety of the swing arm. Optimization of the structure with weight variables of 100%, 85%, 70% with maximum force parameters when the motorcycle is running on the highway. The forces acting when the motorcycle is running include the driver and passenger load weighing 138 kg, the load when turning at a speed of 22.64 km / h, and the load when accelerating from a speed of 0 km / h to a speed of 61.5 km / h. The results of this study, with the topology optimization method on the swing arm can reduce the weight from the original 2.7 Kg to the lowest of 1.9 Kg. The optimized design results with a weight percentage of 100% are superior because the damage received is 164.1 with a life cycle until fatigue occurs of 609300 cycles and a factor of safety from stress life testing of 1.6 compared to the initial design swing arm obtained damage of 210.9 with a life cycle until fatigue occurs of 430300 cycles and a factor of safety from stress life testing of 1.3.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sugeng Priyanto, M.Sc. ; 2). Dr. Eko Arif Syaefudin, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > D IV Teknologi Rekayasa Manufaktur |
Depositing User: | Tri Dani Rizky . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:41 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |