ASMA SYAHIDAH, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1 - COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2 - BAB 1.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
3 - BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4 - BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5 - BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6 - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7 - Daftar Pustaka.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
8 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji Kruskall-Wallis untuk mengukur pengaruh model pembelajaran yang diterapkan. Hasil uji yang diperoleh menunjukkan nilai h = 13,32 dengan signifikansi < 0,001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,84 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol 0,46 (kategori sedang). Perbedaan rata-rata N-Gain menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan video memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global memiliki pengaruh dalam pembelajaran.***This study aims to determine the effect of video-assisted inquiry learning model on student learning outcomes on global warming. The method used was a quasi-experimental design with a Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Data analysis used the Kruskall-Wallis Test to measure the effect of the applied learning model. The test results obtained show a value of h = 13.32 with a significance of <0.001, which means there is a significant difference between the experimental and control classes. In addition, the average N-Gain of the experimental class is 0.84 (high category), while the control class is 0.46 (medium category). The difference in average N-Gain indicates that the application of the video-assisted inquiry learning model has a greater positive impact on student learning outcomes. Thus, it can be concluded that the video-assisted inquiry learning model has an impact on student learning outcomes in global warming.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd. 2) Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 30829 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |