Hubungan Sensitivitas Lingkungan Dengan Literasi Pengelolaan Sampah Pada Peserta Didik SMA

SALWA SALSABILA, . (2025) Hubungan Sensitivitas Lingkungan Dengan Literasi Pengelolaan Sampah Pada Peserta Didik SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas manusia dapat menyebabkan perubahan yang mengancam lingkungan, salah satunya adalah masalah sampah. Pengelolaan sampah memerlukan sensitivitas, empati dan juga dibutuhkan literasi yang dapat diperoleh melalui pendidikan. Sekolah sebagai wadah penanaman nilai dan pembentukan kebiasaan baik berperan dalam menumbuhkan sensitivitas juga literasi peserta didik dengan menyediakan tempat sampah yang sesuai dengan jenis sampahnya dan memberikan ilmu pengetahuan yang sistematis dan menyeluruh untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sensitivitas lingkungan dengan literasi pengelolaan sampah pada peserta didik SMA. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Kota Depok pada semester ganjil 2024/2025. Deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional digunakan daam metode penelitian ini. Sampel data pada penelitian diperoleh menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan hasil sebanyak 65 sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah dikembangkan masing-masing variabel, instrumen kuesioner untuk mengukur sensitivitas lingkungan dan instrumen tes untuk mengukur literasi pengelolaan sampah. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi dengan Spearman Rank, bahwa terdapat hubungan positif antara sensitivitas lingkungan dan literasi pengelolaan sampah pada peserta didik SMA dengan korelasi sangat kuat antara kedua variabel. Temuan ini menekankan pentingnya mengintegrasikan sensitivitas lingkungan dalam proses pembelajaran disekolah agar dapat mendorong peserta didik menjadi individu yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah. ******************************** Human activities can cause changes that threaten the environment, one of which is the problem of waste. Waste management requires sensitivity, empathy, and literacy, which can be obtained through education. Schools, as a place to instill values and form good habits, play a role in fostering sensitivity and literacy in students by providing appropriate trash bins for each type of waste and providing systematic and comprehensive knowledge to students. This study aims to determine the relationship between environmental sensitivity and waste management literacy in high school students. The study was conducted at a public high school in Depok City in the odd semester of 2024/2025. This research used a quantitative descriptive method with a correlational study. Sample data in the study were obtained using a simple random sampling technique and obtained a total of 65 samples. Data collection used instruments that had been developed for each variable, a questionnaire instrument to measure environmental sensitivity and a test instrument to measure waste management literacy. The results of the study using the Spearman Rank correlation test showed that there was a positive relationship between environmental sensitivity and waste management literacy in high school students with a very strong correlation between the two variables. The finding emphasizes the importance of integrating environmental sensitivity inti the learning process at school in order to encourage students to become responsible individuals in waste management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erna Heryanti, S.Hut.,M.Si 2). Prof.Dr.Diana Vivanti Sigit, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Salwa Salsabila .
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:14
Last Modified: 15 Aug 2025 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61049

Actions (login required)

View Item View Item