PENGARUH KOMITMEN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KELURAHAN KAYU PUTIH

MICHAEL EZRA YEREMIA, . (2025) PENGARUH KOMITMEN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KELURAHAN KAYU PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komitmen guru terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 384 siswa, dengan sampel sebanyak 196 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan angket berskala Likert. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 32,907 + 0,686X, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 78,8%. Hal ini berarti bahwa komitmen guru memberikan kontribusi sebesar 78,8% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 26,826 lebih besar dari t tabel, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA se-Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur. ***** This study aims to examine the effect of teacher commitment on students’ learning motivation in senior high schools in Kayu Putih Sub-district, East Jakarta. The research employed a quantitative approach with a survey method. The population consisted of 384 students, and 196 students were selected as the sample using proportional random sampling based on the Slovin formula. Data were collected using a Likert-scale questionnaire. Hypothesis testing was conducted using simple linear regression analysis. The results showed a regression equation of Ŷ = 32.907 + 0.686X with a coefficient of determination (R²) of 78.8%, indicating that teacher commitment contributes 78.8% to students’ learning motivation, while the remaining 21.2% is influenced by other factors. The t-test result indicated that the calculated t-value (26.826) was greater than the t-table value, with a significance level of 0.000 < 0.05. Therefore, it can be concluded that teacher commitment has a positive and significant effect on students’ learning motivation in senior high schools in Kayu Putih Sub-district, East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suryadi. ; 2). Prof. Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, M.A.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Michael Ezra Yeremia .
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:05
Last Modified: 15 Aug 2025 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61342

Actions (login required)

View Item View Item