TASYA RAHMAH, . (2025) SENYAPAN DAN KILIR LIDAH DALAM GELAR WICARA CATATAN DEMOKRASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KETERAMPILAN BERDISKUSI KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketidaklancaran senyapan dan kilir lidah dalam gelar wicara Catatan Demokrasi secara deskriptif dan memberikan rekomendasi modul ajar keterampilan berdiskusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi, yaitu menganalisis teks diskusi ujaran yang diproduksi oleh moderator dan narasumber dalam gelar wicara Catatan Demokrasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa data yang ditemukan 81 satuan ujaran dengan 159 kalimat ujaran yang diproduksi oleh moderator dan narasumber dalam gelar wicara Catatan Demokrasi menghasilkan 192 data yang mengandung ketidaklancaran senyapan yang didominasi oleh senyapan terisi sebanyak 121 dan 49 data yang mengandung kilir lidah yang didominasi oleh kilir lidah substitusi sebanyak 17. Berdasarkan penyebabnya, ketidaklancaran senyapan yang terjadi dominan disebabkan oleh gangguan dalam tahapan produksi ujaran sebanyak 171 dan penutur sedang berpikir sebanyak 149, begitu juga dengan kilir lidah yang didominasi oleh faktor penyebab gangguan dalam tahapan produksi ujaran sebanyak 49 dan aktivasi dalam representasi linguistik sebanyak 41. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi Teks Diskusi, khususnya pada elemen keterampilan berbicara di kelas X sebagai modul ajar autentik untuk membantu peserta didik mengenali bentuk ketidaklancaran berbicara serta membangun kesadaran akan pentingnya kelancaran dan kesiapan dalam berdiskusi. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan relevan dengan situasi nyata. ***** This study aims to descriptively identify silent disfluencies and slips of the tongue in the Catatan Demokrasi talk show and to provide recommendations for teaching materials for discussion skills in discussion texts. This study used a qualitative descriptive method with content analysis, analyzing the discussion texts produced by the moderator and resource persons in the Catatan Demokrasi talk show. The results of this study state that the data found were 81 speech units with 159 sentences produced by the moderator and resource persons in the Catatan Demokrasi talk show, resulting in 192 data containing silent disfluencies dominated by 121 filled silences and 49 data containing slips of the tongue dominated by 17 substitution slips of the tongue. Based on the causes, silent disfluencies that occur are predominantly caused by disturbances in the speech production stage as many as 171 and the speaker is thinking as many as 149, as well as slips of the tongue which are dominated by factors causing disturbances in the speech production stage as many as 49 and activation in linguistic representation as many as 41. The results of this study can be implied in Indonesian language learning on Discussion Text material, especially on the element of speaking skills in class X. Data from the Democracy Notes talk show can be used as authentic material to help students recognize forms of speech disfluency and build awareness of the importance of fluency and readiness in thinking. Thus, learning becomes more contextual, meaningful, and relevant to real situations.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd. 2). Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Tasya Rahmah . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 05:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 05:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |