AULA AFIF KURNIAWAN, . (2025) PENGARUH LITERASI EKONOMI DIGITAL, PERILAKU SHOPAHOLIC DAN LINGKUNGAN SEBAYA TERHADAP GAYA HIDUP FINANSIAL GEN Z: STUDI KASUS MAHASISWA GEN Z DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover .pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini untuk melihat pengaruh Literasi Ekonomi Digital, Perilaku Shopaholic dan Lingkungan Sebaya Terhadap Gaya Hidup Finansial Gen Z: Studi Kasus Mahasiswa Gen Z DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah explanatory research, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Teknik analisis yang diterapkan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Gen Z, yang didefinisikan sebagai individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, serta sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta di wilayah DKI Jakarta pada tahun akademik 2025/2026. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya hidup finansial Generasi Z di DKI Jakarta lebih banyak dipengaruhi oleh aspek perilaku dan sosial dibandingkan kemampuan literasi ekonomi digital. Meskipun akses terhadap informasi keuangan digital cukup tinggi, hal ini belum secara signifikan membentuk pola hidup finansial mereka. Sebaliknya, kecenderungan perilaku shopaholic dan pengaruh lingkungan sebaya memiliki dampak nyata dalam mendorong keputusan keuangan dan gaya konsumsi mereka sehari-hari. Temuan ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan di kalangan Gen Z tidak hanya bergantung pada pengetahuan, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup kelompok dan kebiasaan konsumtif yang melekat.*****This study aims to examine the influence of Digital Economic Literacy, Shopaholic Behavior, and Peer Environment on the Financial Lifestyle of Gen Z: A Case Study of Gen Z Students in DKI Jakarta. This study uses a quantitative approach. In this study, the method used is explanatory research, which aims to explain the causal relationship between variables. The analytical technique applied is Structural Equation Modeling (SEM) based on Partial Least Square (PLS). The population used in this study is Gen Z students, defined as individuals born between 1997 and 2012, and currently studying at public or private universities in the DKI Jakarta area in the 2025/2026 academic year. The results of this study conclude that the financial lifestyle of Generation Z in DKI Jakarta is more influenced by behavioral and social aspects than digital economic literacy skills. Although access to digital financial information is quite high, this has not significantly shaped their financial lifestyle patterns. In contrast, the tendency for shopaholic behavior and the influence of the peer environment have a real impact on driving their daily financial decisions and consumption styles. These findings indicate that financial management among Gen Z relies not only on knowledge but is also heavily influenced by the group's lifestyle and inherent consumer habits.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Karuniana Dianta A. Sebayang, M.E. ; 2). Siti Fatimah Zahra, S.E.I. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Aula Afif Kurniawan . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 01:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |