KEMAMPUAN PEDAGOGIK TUTOR MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI STUDY CENTER GUNUNG SAHARI

NOVENA MIRELLA MAMESAH, . (2025) KEMAMPUAN PEDAGOGIK TUTOR MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI STUDY CENTER GUNUNG SAHARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pedagogik tutor dalam melaksanakan pembelajaran matematika kelas 10 di Study Center Gunung Sahari. Subjek penelitian ini meliputi tutor matematika kelas 10, peserta didik, dan pengelola lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogik tutor dalam pelaksanaan proses pembelajaran di Study Center Gunung Sahari masih perlu ditingkatkan. Secara umum, pada beberapa indikator kemampuan pedagogik, seperti dalam hal latar pembelajaran, tujuan pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, pengelolaan suasana pembelajaran yang kondusif dan efektif, serta pelaksanaan evaluasi pembelajaran sudah cukup baik. Namun demikian, berkaitan dengan beberapa indikator lainnya dalam hal metode pembelajaran yang terbatas pada ceramah dan latihan soal, strategi pembelajaran dan komunikasi, dan penggunaan media pembelajaran masih bisa ditingkatkan lagi. Kondisi ini menggambarkan bahwa penerapan kemampuan pedagogik di bimbingan belajar, memiliki tantangan tersendiri, karena karakteristik lembaga non formal yang berbeda dengan sekolah formal. Tutor di bimbingan belajar dituntut lebih fleksibel dan adaptif dengan keterbatasan waktu, serta keberagaman peserta didik. Saran penelitian ini adalah perlu adanya penguatan kompetensi pedagogik tutor agar prinsip-prinsip pendidikan tetap dapat diterapkan secara optimal dalam konteks pendidikan nonformal. **** This research uses a qualitative approach, which aims to find out determine the pedagogical abilities of tutors in teaching mathematics to tenth graders at Study Center Gunung Sahari. The research subjects include tenth-grade mathematics tutors, students, and the institution's administrators. Data collection techniques used observation and interviews. Data validity techniques used source triangulation and technique triangulation. The results of the study indicate that the pedagogical skills of tutors in implementing the learning process at Study Center Gunung Sahari still need to be improved. In general, on several indicators of pedagogical skills, such as learning background, delivering learning objectives, in terms of delivering material, managing a conducive and effective learning atmosphere, and conducting evaluations, the results were quite good. However, regarding several other indicators, such as varying methods, learning strategies and communication, and using learning media, the results were not yet optimal. This condition illustrates that the application of pedagogical skills in tutoring has its own challenges, due to the characteristics of non-formal institutions that differ from formal schools. Tutors in tutoring centers are required to be more flexible and adaptive to time constraints and the diversity of students. The recommendation of this study is that there is a need to strengthen the pedagogical competencies of tutors so that educational principles can still be applied optimally in the context of non-formal education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si; 2). Dr. Elais Retnowati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Novena Mirella Mamesah .
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:45
Last Modified: 19 Aug 2025 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61583

Actions (login required)

View Item View Item