MUHAMMAD BARIQ BASKARADI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “LIMA PILAR” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AL-KULLIYATU AL-KHAMSAH DI SMAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I (2).pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
Bab II (2).pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III (1).pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website yang dinamakan “Lima Pilar”, guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah di SMAN 14 Jakarta. Media ini dirancang sebagai solusi atas rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah yang bersifat konseptual dan abstrak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba terbatas adalah peserta didik kelas X4 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, angket validasi ahli, dan uji peningkatan hasil belajar. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media “Lima Pilar” layak digunakan dengan revisi minor. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media tersebut, yang dibuktikan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, media pembelajaran “Lima Pilar” efektif digunakan dalam pembelajaran materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah dan dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan media, Hasil belajar, Al-Kulliyatu Al-Khamsah ***** This research aims to develop interactive website-based learning media called“Lima Pilar”, in order to improve student learning outcomes on the material The Kulliyat Al-Khamsah at SMAN 14 Jakarta. This media is designed as a solution to the low interest and understanding of students towards Al-Kulliyatu Al-Khamsah material which is conceptual and abstract. The research method used is Research and Development(R&D) by adapting the ADDIE development model which includes the stagesAnalysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation. The subjects of the limited trial were 33 students in class X4. Data collection instruments included observation, expert validation questionnaires, and learning outcome improvement tests. The validation results by material experts and media experts showed that the media“Lima Pilar”suitable for use with minor revisions. The trial results showed an increase in student learning outcomes after using the media, as evidenced by a comparison of pretest and posttest scores. Thus, the learning media“Lima Pilar”effectively used in learning materialsThe Kulliyat Al-Khamsahand can be an innovative alternative in learning Islamic Religious Education in schools. Keywords: Media development, learning outcomes, Al-Kulliyatu Al-Khamsah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Abdul Fadhil, M.Ag. ; 2). Dr. Muhammad Ridwan Effendi, S.Pd.I., M.Ud. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Bariq Baskaradi . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |