HUBUNGAN ANTARA HARGA DAN GAYA HIDUP DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FEBRIANSYAH, . (2016) HUBUNGAN ANTARA HARGA DAN GAYA HIDUP DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FEBRIANSYAH_8135123349_PEND.TATA NIAGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara harga dan gaya hidup dengan keputusan pembelian Smartphone Android pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dan reliabel. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur. Selama enam bulan terhitung Oktober 2015 sampai dengan Maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sebanyak 75 orang. Untuk menjaring data dari ketiga variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Harga (Variabel X1), Gaya Hidup (Variabel X2) dan Keputusan Pembelian Smartphone Android (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk variabel X dan juga variabel Y. Untuk variabel X1, dari 29 butir pernyataan terdapat 22 butir pernyataan yang valid, untuk variabel X2, dari 23 pernyataan terdapat 18 pernyataan yang valid, sedangkan untuk variabel Y, dari 25 pernyataan terdapat 23 pernyataan yang valid. Perhitungan reliabilitas ketiga variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,874, variabel X2 0,869 dan variabel Y sebesar 0,902. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut ketiga variabel tersebut dapat dikatakan reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 14,669 + 0,493X1 + 0,404X2. Dari uji signifikansi simultan menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 37,92 > 3,12, artinya hasil uji tersebut signifikan. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi parsial dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung X1-Y = 4,208 dan ttabel = 1,67, thitung X2-Y = 4,688 dan ttabel = 1,67. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,716. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,716 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 49,9% yang menunjukkan bahwa 49,9% variasi keputusan pembelian ditentukan oleh harga dan gaya hidup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Android, baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si ; 2). Dr. Corry Yohana, M.M
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 16:19
Last Modified: 07 Apr 2020 16:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item View Item