KOMPETENSI PROFESIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDN CIPINANG MELAYU 09 PAGI JAKARTA TIMUR

JIHAN AISYAH, . (2025) KOMPETENSI PROFESIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDN CIPINANG MELAYU 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, DLL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I TESIS JIHAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II TESIS JIHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III TESIS JIHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV TESIS JIHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V TESIS JIHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS JIHAN 2025_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Cipinang Melayu 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus utama penelitian ini adalah kemampuan kepala sekolah dalam mengembangkan visi dan budaya sekolah, memimpin pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta melakukan pembinaan dan pengembangan sekolah secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran sentral dalam mengelola dan memimpin lembaga pendidikan, termasuk dalam pembinaan guru, pengelolaan sarana prasarana, serta menjalin hubungan kolaboratif dengan masyarakat. SDN Cipinang Melayu 09 Pagi telah menunjukkan kualitas pendidikan yang baik dengan capaian akreditasi A dan berbagai prestasi siswa, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan sarana dan lokasi sekolah yang rawan banjir. Dengan kepemimpinan yang efektif dan kompetensi profesional yang kuat, kepala sekolah mampu menciptakan budaya sekolah yang positif dan mendukung peningkatan mutu pendidikan. Kata Kunci: kompetensi profesional, kepala sekolah, kualitas pendidikan, kepemimpinan sekolah. ***** This study aims to describe the principal’s professional competence in improving the quality of education at SDN Cipinang Melayu 09 Pagi, East Jakarta. The research adopts a qualitative approach using a case study method. The primary focus of the study is on the principal's ability to develop a school vision and culture, lead student-centered learning, and foster school development comprehensively. The findings indicate that the principal plays a central role in managing and leading the educational institution, including mentoring teachers, managing school infrastructure, and establishing collaborative relationships with the community. SDN Cipinang Melayu 09 Pagi has demonstrated high educational quality, marked by an "A" accreditation and numerous student achievements, despite challenges such as limited resources and a flood-prone location. With effective leadership and strong professional competence, the principal successfully fosters a positive school culture and supports the enhancement of educational quality.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Siti Zulaikha, S. Ag, M.Pd; 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: JIHAN AISYAH .
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:20
Last Modified: 19 Aug 2025 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61613

Actions (login required)

View Item View Item