DWI NADZIFATUZZAHRA, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN PLATFORM PANDAWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI PESERTA PELATIHAN DI PERPUSTAKAAN NASIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB II LANDASAN TEORI_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODOLOGI_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ATAU PEMBAHASAN_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP_DWI NADZIFATUZZAHRA_1101621023_REPOSITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran berupa video tutorial penggunaan platform PANDAWA sebagai sumber belajar bagi peserta pelatihan di Perpustakaan Nasional. Pengembangan video tutorial ini didasarkan pada analisis masalah, analisis peserta, analisis tugas atau kebutuhan, dan analisis lingkungan. Video tutorial ini dikembangkan dengan menerapkan model pengembangan Bergman dan Moore (1990) yang terdiri dari enam langkah yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Produksi (Production), Pengembangan (Authoring), dan Validasi (Validation). Hasil pengembangan berupa video tutorial penggunaan platform PANDAWA yang diunggah ke dalam google drive untuk selanjutnya diserahkan kepada lembaga Perpustakaan Nasional. Teknik evaluasi pada pengembangan ini dilakukan dengan pengkajian ahli, yaitu ahli materi dan ahli media, serta uji pengguna one-to-one. Terdapat masukan seperti penambahan logo untuk identitas pengembang, penekanan pada teks/informasi penting, dan penambahan voice over untuk bagian tujuan pembelajaran. Hasil uji kelayakan dari ahli materi mendapat skor 5 nilai tersebut dikategorikan sangat baik. Hasil uji kelayakan dari ahli media mendapat skor 4,3 nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji Pengguna menghasilkan skor 3,76 nilai tersebut dikategorikan sangat baik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa video tutorial penggunaan platform PANDAWA ini telah dikembangkan secara sistematis dan memberikan hasil yang baik, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta pelatihan daring di Perpustakaan Nasional. ***** This study aims to produce an instructional media product in the form of a video tutorial on how to use the PANDAWA platform as a learning resource for training participants at the National Library. The development of this video tutorial is based on problem analysis, learner analysis, task or needs analysis, and environmental analysis. The video tutorial was developed using the Bergman and Moore (1990) development model, which consists of six stages: Analysis, Design, Develop, Production, Authoring, and Validation. The resulting product is a video tutorial on the use of the PANDAWA platform, uploaded to Google Drive and submitted to the National Library institution. Evaluation techniques in this development included expert review, consisting of content experts and media experts, and one-to-one user testing. Feedback received included suggestions to add a logo for developer identity, emphasize important text/information, and include a voice-over for the learning objectives section. The feasibility test results from the content expert received a score of 5, which is categorized as excellent. The media expert’s feasibility test yielded a score of 4.3, also categorized as excellent. The user test scored 3.76, which is likewise categorized as excellent. The evaluation results indicate that the video tutorial has been systematically developed and produced good outcomes, making it suitable for use as a learning resource for online training participants at the National Library.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suprayekti, M.Pd.; 2). Dr. Cecep Kustandi, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Dwi Nadzifatuzzahra . |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:52 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |