MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FONIK DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 3 JAKARTA

MUHAMMAD ABRITO FAATHIRRAHMAN UDITIAN, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FONIK DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN (18)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang erat dengan kemampuan intelektual yang kompleks. Semua peserta didik memerlukan kemampuan membaca untuk keberlangsungan mereka dalam memperoleh pengetahuan serta wawasan di instansi pendidikan. Tidak terkecuali peserta didik dengan hambatan intelektual ringan, salah satunya ditemukan empat siswa kelas VI di SLB Negeri 3 Jakarta yang mengalami kesulitan membaca kata berpola konsonan-vokal-konsonan-vokal (KVKV). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mereka dalam hal membaca kata berpola KVKV dengan menggunakan pendekatan fonik yang disertai strategi scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc, Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh lewat observasi peneliti, observasi guru, dan tes. Data tes berupa data kuantitatif lalu data kualitatif berupa catatan observasi peneliti dan guru. Data kualitatif dikelompokkan berdasarkan jenis temuan lalu dianalisis keterkaitannya dengan data kuantitatif. Baru kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keempat peserta didik dengan hambatan intelektual ringan menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca kata berpola KVKV. Nilai peserta didik sebelum diberikan tindakan bervariasi dalam membaca kata, FI 40, MA 10, CN & SA 20. Setelah dilakukan tindakan sebanyak 3 siklus, keempat peserta didik memperoleh nilai membaca kata, 90 untuk FI dan 80 untuk MA, CN, & SA. Peningkatan terlihat pada kemampuan mengenal bunyi huruf, membedakan fonem, membaca suku kata, dan merangkai kata berpola KV-KV. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan fonik yang dilengkapi dengan strategi scaffolding efektif dalam membantu peserta didik hambatan intelektual ringan memperoleh keterampilan membaca dasar secara bertahap dan menyenangkan. ***** Reading is an activity closely related to complex intellectual abilities. All students need reading skills to continue acquiring knowledge and insights in educational institutions. This includes students with mild intellectual disabilities, such as four sixth-grade students at SLB Negeri 3 Jakarta who have difficulty reading words with a consonant-vowel-consonant-vowel (KVKV) pattern. The objective of this study is to enhance their ability to read words with the KVKV pattern using a phonics-based approach combined with scaffolding strategies. This study employs a classroom action research method following the Kemmis & McTaggart model, which includes the stages of planning, action, and reflection. Data in this study were obtained through researcher observation, teacher observation, and tests. Test data is quantitative, while qualitative data consist of researcher and teacher observation notes. Qualitative data grouped based on the type of findings and analyzed for their relationship with quantitative data. The results are then presented descriptively. The results of the study showed that the four students with mild intellectual disabilities demonstrated improvement in their ability to read KVKV-patterned words. The students' scores before the intervention varied in reading words: FI 40, MA 10, CN & SA 20. After three cycles of intervention, the four students achieved reading scores of 90 for FI and 80 for MA, CN, & SA. Improvements were observed in their ability to recognize letter sounds, distinguish phonemes, read syllables, and assemble KV-KV patterned words. This demonstrates that the phonics approach, supplemented with scaffolding strategies, is effective in helping students with mild intellectual disabilities acquire basic reading skills gradually and enjoyably.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Muhammad Abrito Faathirrahman Uditian .
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:42
Last Modified: 21 Aug 2025 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61786

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item