OPTIMALISASI PERENCANAAN BERBASIS DATA UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DI SDN CILEUNGSI 06

EIS NAENI, . (2025) OPTIMALISASI PERENCANAAN BERBASIS DATA UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DI SDN CILEUNGSI 06. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi akar permasalahan dalam Perencanaan Berbasis Data yang berguna untuk mewujudkan mutu pendidikan dasar berkelanjutan. Analisis dokumen data Rapor Pendidikan untuk perencanaan dan pelaporan sekolah, serta tinjauan kegiatan komunitas belajar, merupakan strategi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang paling efektif untuk mewujudkan pendidikan bermutu tinggi dan berkelanjutan melalui komunitas belajar adalah sebagai berikut: (1) menggunakan data rapor pendidikan sebagai dasar diskusi dan refleksi, (2) menggunakan pendekatan Identifikasi, Refleksi, Benahi Perencanaan, Benahi Implementasi (IRBB) dalam menyelesaikan akar permasalahan sekolah, (3) memungkinkan guru untuk bekerja sama belajar melalui pelatihan, (3) menggabungkan hasil komunitas belajar ke dalam perencanaan pendidikan di sekolah (RKT dan RKAS), dan (4) meningkatkan budaya belajar, berbagi, kolaborasi, dan evaluasi berdasarkan praktik nyata. Temuan ini diharapkan bahwa kolaborasi pemangku kepentingan dan komunitas belajar dapat menjadi lebih dari sekadar ruang diskusi biasa. Perencanaan berbasis data yang tepat dan kolaborasi komunitas belajar dapat direkomendasikan sebagai upaya strategis untuk mendorong transformasi berkelanjutan dari budaya sekolah yang berorientasi pada mutu. ***** The purpose of this research is to find and identify the root of the problem in Data-Based Planning that is useful for realizing the quality of sustainable basic education. Analysis of Education Report data documents for school planning and reporting, as well as a review of learning community activities, are all strategies used to collect data. The results of the study show that the most effective methods to realize high-quality and sustainable education through the learning community are as follows: (1) using educational report card data as a basis for discussion and reflection, (2) using the Identification, Reflection, Improvement Planning, Improvement Implementation (IRBB) approach in solving the root of school problems, (3) allowing teachers to work together to learn through training, (3) incorporating learning community outcomes into educational planning in schools (RKT and RKAS), and (4) improving a culture of learning, sharing, collaboration and evaluation based on real practices. The findings are expected that stakeholder collaboration and the learning community can be more than just an ordinary discussion space. Proper data-driven planning and community collaboration Learning can be recommended as a strategic effort to drive a sustainable transformation of quality-oriented school culture.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Masduki Ahmad, SH,MM. ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Eis Naeni .
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:39
Last Modified: 22 Aug 2025 07:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61940

Actions (login required)

View Item View Item