PENGARUH VIRTUAL REALITY LABORATORY TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA PADA YOPIK TITRASI ASAM BASA

MELSA PRAWISTISA, . (2025) PENGARUH VIRTUAL REALITY LABORATORY TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA PADA YOPIK TITRASI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKART.

[img] Text
File Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
File Dfatar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan virtual reality laboratory terhadap efikasi diri siswa pada topik titrasi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen menggunakan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Jakarta, dilakukan pemilihan sampel secara acak dengan metode flipping coin. Efikasi diri siswa diperoleh dari angket SE yang dimodifikasi, angket yang digunakan berisi 16 pernyataan dengan 8 domain individu dan 8 domain kolektif. Teknik analisis data menggunakan paired t-test dan ANCOVA. Berdasarkan hasil uji t dan ANCOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, nilai nilai partial eta squared sebesar 0.263 menunjukkan dalam kategori efek besar, dan pada paired t-test Cohen’s d yang dihasilkan pada kelas eksperimen jauh lebih tinggi dari kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan VR laboratory berpengaruh terhadap efikasi diri siswa pada topik titrasi asam basa. Sebagai upaya mendukung pembelajaran kimia yang lebih efektif dan relevan di era digital, guru disarankan untuk menggunakan VR laboratory untuk meningkatkan efikasi diri siswa **** This research aims to determine the effect of using a virtual reality laboratory on students' self-efficacy in acid-base titration. This study uses a quantitative method with a quasi-experimental research design using pre-tests and post-tests in the experimental class and control class. The sample in this study consisted of 72 eleventh-grade students at a high school in Jakarta, selected randomly using the coin toss method. Student self-efficacy was measured using a modified SE questionnaire, which consisted of 16 statements across 8 individual domains and 8 collective domains. Data analysis techniques used paired t-tests and ANCOVA. Based on the results of the t-test and ANCOVA, there was a significant difference between the experimental class and the control class. Additionally, the partial eta squared value of 0.263 indicated a large effect size, and the Cohen’s d value from the paired t-test was significantly higher in the experimental class than in the control class. It can be concluded that the use of VR laboratories influences students' self-efficacy in acid-base titration topics. To support more effective and relevant chemistry learning in the digital age, teachers are advised to use VR laboratories to enhance students' self-efficacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irwanto, M.Pd. 2). Elsa Vera Nanda, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Melsa Prawistisa .
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:46
Last Modified: 22 Aug 2025 08:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61946

Actions (login required)

View Item View Item