HAFIZHAH HAMDA, . (2025) HUBUNGAN AKTIVITAS MENONTON VIDEO ANIMASI PADA YOUTUBE KIDS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN KORELASI DI TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN SUDIMARA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. File COVER-Hafizhah Hamda.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
2. File BAB 1-Hafizhah Hamda.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
3. File BAB 2-Hafizhah Hamda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. File BAB 3-Hafizhah Hamda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. File BAB 4-Hafizhah Hamda.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. File Daftar Pustaka-Hafizhah Hamda.pdf Download (721kB) |
![]() |
Text
7. File Lampiran-Hafizhah Hamda.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara aktivitas menonton video animasi pada platform YouTube Kids dengan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini secara khusus mengkaji frekuensi, durasi, atensi, jenis program video animasi yang ditonton, serta mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku prososial yang ditampilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan sampel sebanyak 30 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di kelurahan Sudimara Timur, Ciledug Tangerang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dari TK Islam Insan Mulia dan RA Alif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis dengan Uji Normailtas Shapiro-Wilk serta analisis regresi linear sederhana. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi (sig. 0,985) untuk aktivitas menonton video animasi dan nilai signifikansi (sig. 0,937) untuk perilaku prososial (p>0,05) menunjukkan data berdistribusi normal. Uji regresi linear menunjukkan koefisien korelasi R=0,657 pada α=0,05, menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil 0,396. Artinya terdapat 39,6% variasi atau perubahan pada perilaku prososial anak usia dini dapat dijelaskan oleh aktivitas menonton video animasi, sementara sisanya 60,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, hasil penelitian ini menggambarkan aktivitas menonton video animasi pada YouTube Kids memiliki hubungan positif dan memberikan kontribusi cukup besar terhadap perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Disarankan bagi orang tua dan pendidik untuk membimbing serta memilihkan video animasi dalam aktivitas menonton anak dengan pengelolaan waktu menonton, sehingga tayangan yang dikonsumsi dapat mendukung terbentuknya perilaku prososial anak secara optimal. ***** The study aims to obtain empirical data regarding the relationship between watching animated videos on the YouTube Kids platform and the prosocial behavior of children aged 5-6 years. Specifically, the study examines the frequency, duration, attention, and type of animated programs viewed, as well as identifies forms of prosocial behavior displayed. The research employed a quantitative correlational method with a sample form TK Islam Insan Mulia and RA Alif. Data were collected using questionnaires and analyzed using the Shapiro-wilk normality test and simple linear regression analysis. The normality test showed significance values of 0,985 for video-watching activity and (sig. 0,937) for prosocial behavior (p>0,05), indicating normally distributed data. The regression test showed a correlation coefficient of R = 0,657 at α=0.05, indicating a significant and positive relationship. The coefficient of determination (R2) was 0,396, meaning that 39,6% of the variation or changes in children’s prosocial behavior can be explained by watching animated videos, while the remaining 60,4% is influenced by other factors. Thus, the findings indicate that watching animated videos on YouTube Kids has a positive relationship and makes a considerable contribution to the development of prosocial behavior in children aged 5-6 years. It is recommended that parents and educators provide guidance and carefully select animated videos, along with managing children’s viewing time, so that the content consumed can optimally support the development of prosocial behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Winda Gunarti, M.Pd. ; 2) Dr(phil). Sri Indah Pujiastuti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Hafizhah Hamda . |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 08:32 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 08:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |