ANGELINA, . (2025) HUBUNGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEKOLAH SMK NEGERI JAKARTA SISWA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (709kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode uji korelasi produk momen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan motivasi belajar siswa kelas XI. Data diperoleh dari 616 siswa SMK Negeri Kelas XI di Jakarta Timur. Data yang diberikan berupa instrumen penelitian yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya kepada 100 siswa. Kemudian data diberikan kepada seluruh populasi, karena pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Semua populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan data yang diperoleh kepada seluruh sampel penelitian, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas dengan Anova memperoleh nilai signifikansi yang normal, yaitu nilai normalitas 0,130 > nilai Sig. dan uji linearitas 0,334 > nilai Sig. 0,05. Karena data sudah memenuhi persyaratan maka dilanjutkan dengan uji korelasi produk momen. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik yang tinggi dengan motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas XI. Nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai korelasi Pearson sebesar 0,478 > 0,06. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan secara signifikansi prokrastinasi akademik (X) yang tinggi terjadi karena motivasi belajar (Y) yang rendah pada siswa kelas XI Jakarta Timur dengan tingkat korelasi sedang. ***** This study used a quantitative approach using the product-moment correlation test method. This study aimed to determine the relationship between academic procrastination and learning motivation in grade 11 students. Data were obtained from 616 grade 11 students of a state vocational high school (SMKN) in East Jakarta. The data were provided in the form of a research instrument whose validity and reliability had been tested for 100 students. The data were then distributed to the entire population, as this study used a pure sample. The entire population served as the sample. Based on the data obtained from the entire sample, requirements tests were conducted, including a normality test using the Kolmogorov-Smirnov test and a linearity test using ANOVA. The significance values were normal: a normality value of 0,130 > the Sig. value and a linearity test of 0,334 > the dig. value of 0,05. Since the data met the requirements, the product-moment correlation test was continued. The results of the study indicate a significant relationship between high levels of academic procrastination and low learning motivation in eleventh-grade students. The significance value is 0,001, which is less than 0,05, and the Pearson correlation value is 0,478, which is greater than 0,06. This indicates a significant relationship between high levels of academic procrastination (X) and low learning motivation (Y) in eleventh-grade students in East Jakarta, with a moderate correlation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons ; 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Angelina . |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 05:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |