SITI HAJAR NUR ADEN RIDWAN, . (2025) STUDI KASUS PEMBENTUKAN IDENTITAS GENDER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABDURRAHMAN BIN AUF CIPAYUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
FILE COVER.pdf Download (687kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) |
|
|
Text
FILE BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
|
Text
FILE BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
|
Text
FILE BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
|
|
Text
FILE BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
|
Text
FILE LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoeh data secara kongkret mengenai identitas gender anak usia dini di TK Abdurrahman Bin Auf. Metode yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Pengambilan sample yang digunakan yaitu ke pendidik, kepala sekolah, dan anak. Pengumpulan data menggunakan dengan cara observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi kegiatan selama 3 minggu. Analisis penelitian menggunakan metode Miles dan Huberman dengan cara kondesasi data, presentasi data, dan verifikasi data. Temuan yang didapatkan oleh peneliti yaitu, pembentukan identitas gender dalam kebijakan TK, pembentukan identitas gender dalam praktik pembelajaran di kelas, identitas gender terkait bias gender pada anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pembentukan identitas gender yang diterapkan oleh TK yaitu pengenalan secara modeling dan tetap berpegang teguh dengan apa yang diberikan Allah SWT saat dilahirkan serta memegang acuan Alquran terhadap memberikan batasan saat memperkenalkan konsep identitas gender. Menjadikan anak yang didik di TK Abdurrahman Bin Auf memahami, berpegang teguh yang diyakini, tidak bias dalam melihat identitas gender dirinya. Sehingga setiap anak dapat berkembang secara optimal dengan kesempatan yang sama dalam belajar untuk mengembangkan dirinya. *****This study investigates the formation of gender identity in children aged 5-6 years at TK Abdurrahman Bin Auf, Cipayung, East Jakarta. The researcher employed a qualitative case study approach, with samples taken from educator, the school principal, and the children. Data were collected through field observations, interviews, and documentation of activities over three weeks. The research was analyzed using the Miles and Huberman method, which involves data condensation, data presentation, and data verification. The findings revealed three key aspects: the formation of gender identity within the kindergarten's policies, the implementation of gender identity formation in classroom learning practices, and gender identity issues related to gender bias in children. The results indicate that the kindergarten's approach to gender identity formation involves modeling and adhering to the belief that gender is a divine gift from Allah SWT, with the Al Qur'an serving as a framework for introducing the concept of gender identity. This approach helps children at TK Abdurrahman Bin Auf understand and firmly hold to their beliefs while avoiding gender bias. As a result, each child can develop optimally with equal opportunities to learn and grow.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. Sofia Hartati, M.Si 2. Ade Dwi Utami, S.Pd, M.Pd, Ph.D. |
| Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
| Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | Siti Hajar Nur Aden . |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 06:03 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 06:03 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
