PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL BAGI SISWA HAMBATAN PENDENGARAN DENGAN PENDEKATAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DI KELAS PERSIAPAN 1 TKLB TUNARUNGU SANTI RAMA JAKARTA

NURUL AINI FATKHUL JANNAH, . (2025) PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL BAGI SISWA HAMBATAN PENDENGARAN DENGAN PENDEKATAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DI KELAS PERSIAPAN 1 TKLB TUNARUNGU SANTI RAMA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
FIle BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendetail dan memperoleh gambaran terkait pembelajaran menggunakan kemampuan komunikasi verbal bagi siswa hambatan pendengaran dengan pendekatan metode maternal reflektif di kelas persiapan 1 TKLB Tunarungu Santi Rama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi data primer dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi pembelajaran komunikasi verbal menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) yang dilakukan melalui tiga komponen utama yaitu Komunikasi dari Hati ke Hati (Perdati), Dialog Membaca Ideovisual (Percami), dan Linguistik Percakapan (Percali) efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi verbal siswa dengan hambatan pendengaran di kelas persiapan 1 TKLB Santi Rama Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan siswa di kelas Persiapan 1 TKLB Santi Rama Jakarta sudah dapat melakukan komunikasi secara verbal di usia rata-rata 5 tahun. Program ini, melalui tahapan terstruktur seperti doa bersama, penggunaan alat bantu visual, dan pengulangan kata, membantu siswa lebih responsif dan percaya diri dalam berkomunikasi. Dukungan media dan keterlibatan orang tua turut berperan, memungkinkan peningkatan signifikan pada masing-masing siswa. Evaluasi rutin memantau kemajuan individual serta memastikan metode sesuai kebutuhan tiap anak, menciptakan suasana belajar yang inklusif. ***** This research aims to describe in detail and obtain an overview regarding learning using verbal communication skills for hearing impaired students using a reflective maternal method approach in the Santi Rama TKLB Deaf 1 preparation class. This research was conducted using qualitative methods with a descriptive design. The data collection technique used in this research is primary data study by conducting interviews and observations. The results of this study indicate that verbal communication learning interventions using the Maternal Reflective Method (MMR) carried out through three main components namely Heart to Heart Communication (Perdati), Ideovisual Reading Dialogue (Percami), and Conversational Linguistics (Percali) are effective in developing verbal communication skills of students with hearing impairments in the preparation class 1 of TKLB Santi Rama Jakarta. This is proven by the fact that students in the Preparatory Class 1 of the Santi Rama Jakarta Kindergarten can already communicate verbally at an average age of 5 years. This program, through structured stages such as praying together, using visual aids, and repeating words, helps students be more responsive and confident in communicating. Media support and parental involvement come into play, enabling significant improvement in each student. Regular evaluations monitor individual progress and ensure the methods suit each child's needs, creating an inclusive learning environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd ; 2). Dr. M. Arif Taboer, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Nurul Aini Fatkhul Jannah .
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:47
Last Modified: 16 Sep 2025 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62399

Actions (login required)

View Item View Item