MUHAMAD MAULANA, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA WRITING CLAW GRIP PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME KELAS II DI SEKOLAH KHUSUS AL-AZHAR HARAPAN INDAH BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER,_.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB II (2).pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik autisme dalam memegang pensil untuk memudahkan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menulis permulaan, Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan autisme kelas II di sekolah khusus. Desain yang digunakan adalah A-B-A, dengan fase baseline (A1), intervensi (B), dan baseline akhir (A2). Keterampilan menulis permulaan yang diamati meliputi kemampuan memegang alat tulis dengan benar, membentuk garis vertikal, horizontal, membentuk huruf sesuai bentuk dan menulis teratur dan terbaca. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan lembar penilaian keterampilan menulis yang dianalisis secara visual dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis permulaan setelah penerapan media writing claw grip. Pada fase A1, peserta didik menunjukan peningkatan dalam kemampuan menggenggam pensil dan membentuk garis vertikal, horizontal dan huruf a,i,u,e,o meskipun masih belum konsisten. Pada siklus intervensi (B), terjadi peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis, baik dari segi kerapian, arah tulisan, maupun pembentukan huruf. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, maka penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan alat bantu writing claw grip dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada peserta didik autisme. Hal ini dapat dilihat dari sebelum menggunakan alat bantu writing claw grip yang mana gerak jarinya saat menulis masih belum stabil dan pada saat diberikan tindakan berulang, alat bantu ini membantu menstabilkan gerakan jarinya sehingga saat setelah penggunaan alat bantu writing claw grip gerakan jarinya menjadi lebih stabil. ***** This study aims to improve the ability of autism students to hold a pencil to make it easier for students to follow the beginning writing learning. The subjects in this study were students with autism in grade II in special schools. The design used was A-B-A, with baseline phases (A1), intervention (B), and final baseline (A2). The beginning writing skills observed included the ability to hold a writing tool correctly, form vertical and horizontal lines, form letters according to their shape and write regularly and legibly. Data collection was carried out through direct observation and writing skills assessment sheets that were analyzed visually and descriptively. The results of the study showed an increase in beginning writing skills after the application of writing claw grip media. In phase A1, students showed an increase in the ability to hold a pencil and form vertical and horizontal lines and the letters a, i, u, e, o although still inconsistent. In the intervention cycle (B), there was a significant increase in writing skills, both in terms of neatness, writing direction, and letter formation. Based on the results of research conducted by researchers in the field, this study has proven that the use of writing claw grip aids can improve initial writing skills in autism students. This can be seen from before using the writing claw grip aid where the movement of the fingers when writing was still unstable and when given repeated actions, this aid helps stabilize the movement of the fingers so that after using the writing claw grip aid the movement of the fingers became more stable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Suprihatin,M.Ed.,ED.d. ; 2). Dra.Siti Nuraini Purnamawati,M.Sp,Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Muhamad Maulana . |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:53 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |