TIAN DESTYASARI, . (2025) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KALIDERES. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (845kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD di Kelurahan Kalideres, dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur minat belajar peserta didik dan dokumentasi nilai hasil belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik. Nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,048, yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05, menunjukkan bahwa hubungan tersebut signifikan secara statistik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,209, yang termasuk dalam kategori rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi minat belajar peserta didik, maka cenderung semakin baik pula hasil belajar mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa minat belajar memiliki hubungan terhadap hasil belajar, meskipun kontribusinya tidak dominan. Artinya, minat belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, namun masih terdapat faktor-faktor lain yang juga turut memengaruhi pencapaian akademik peserta didik. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran, IPA, Sekolah Dasar ***** This study aims to examine the relationship between learning interest and science learning outcomes among fifth-grade elementary school students. A quantitative approach with a correlational method was used. The population in this study consisted of all fifth-grade students in Kalideres Subdistrict, with a sample of 90 students selected using cluster random sampling. Data were collected through questionnaires to measure students’ learning interest and documentation of science learning scores. The data analysis technique used was Pearson Product Moment correlation. The results showed a positive and significant relationship between learning interest and science learning outcomes. The significance value (sig.) was 0.048, which is less than the 0.05 significance threshold, indicating a statistically significant relationship with a correlation coefficient of 0.209, categorized as low. This indicates that the higher the students' interest in learning, the better their learning outcomes tend to be. These findings suggest that learning interest is related to learning outcomes, although its contribution is not dominant. In other words, learning interest affects academic achievement, but other factors also play a role in influencing students’ academic performance. Keywords: Learning Interest, Learning Outcomes, Science Education, Elementary School
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Herlina, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tian Destyasari . |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |