NAWANG SEKAR FADILA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PERMAINAN KUBACA (SUKU BANGSA CINTA INDONESIA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dengan berinteraksi secara sadar dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas diri dan mengubah perilaku dari pengalaman belajar peserta didik. Karena dengan proses pembelajaran dapat tercapai tujuan pendidikan. Namun, pada kenyataanya tidak semua peserta didik memiliki minat terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila. Minat yang rendah terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satu nya yaitu penggunaan media yang kurang menarik sehingga membuat peserta didik merasa kesulitan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Oleh karena itu, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kartu permainan untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Keberagaman Budaya Indonesia dan mengetahui kelayakan produk dari hasil validasi para ahli. Pada penelitian ini dilibatkan sebanyak 25 peserta didik kelas V dari SD Negeri Harapan Baru 2 Kota Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa kartu permainan edukatif menggunakan model pembelajaran team games tournament. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan Langkah-langkah sebagai berikut; (1) analisis masalah dan kebutuhan peserta didik dan guru; (2) merancang produk (3) mencetak produk dan melakukan validasi ahli. Validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 85%, yang termasuk dalam kategori sangat layak, sebesar 67% dari validasi ahli Bahasa yang termasuk dalam kategori layak dan sebesar 93% dari validasi ahli materi yang termasuk dalam kategori sangat layak. Kemudian, dilakukan uji coba one to one evaluation dengan melibatkan 3 peserta didik dan meraih persentase sebesar 90,9% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Serta dilakukan uji coba small group dan field test evaluation dengan perolehan sebesar 88,6% yang termasuk dalam kategori sangat layak; (4) penelitian dan pengembangan ini tidak melakukan implementasi dan terbatas pada uji ahli validasi serta peserta didik; (5) evaluasi dilakukan berdasarkan hasil validasi para ahli dan uji coba kepada peserta didik sehingga didapatkan hasil dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V sekolah dasar. ***** Learning is a process of activities carried out by educators by interacting consciously with students to achieve learning objectives in order to improve self quality and change behavior from student learning experiences. The learning process is very important in determining the direction of the future of students. Because with the learning process educational goals can be achieved. However, in reality not all students have an interest in learning Pancasila Education. Low interest in learning Pancasila Education can be caused by several things, one of which is the use of media that is less interesting so that students find it difficult to learn Pancasila Education. Therefore, this development research aims to produce a learning media for playing cards for the Pancasila Education subject on the Diversity of Indonesian Culture and to determine the feasibility of the product from the results of expert validation. This study involved 25 fifth grade students from SD Negeri Harapan Baru 2, Bekasi City. Data collection was carried out using observation, interview and questionnaire techniques. This study produced a product in the form of educational playing cards using the team games tournament learning model. This research and development uses the ADDIE development model with the following steps; (1) analysis of problems and needs of students and teachers; (2) designing the product (3) printing the product and conducting expert validation. Media expert validation obtained a value of 85%, which is included in the very feasible category, 67% of the validation of the Language expert which is included in the feasible category and 93% of the validation of the material expert which is included in the very feasible category. Then, a one to one evaluation trial was conducted involving 3 students and achieved a percentage of 90.9% which is included in the very feasible category. And a small group trial and field test evaluation were conducted with a score of 88.6% which is included in the very feasible category; (4) this research and development did not carry out implementation and was limited to expert validation tests and students; (5) the evaluation was carried out based on the results of expert validation and trials on students so that the results were obtained with a very feasible category for use in the learning process of Pancasila Education for grade V elementary schools
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nawang Sekar Fadila . |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |