PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUn (STUDI KASUS DI RA "X", KELURAHAN WANASARI< PROVINSI JAWA BARAT)

ALFINAJMI KINANTI, . (2025) PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUn (STUDI KASUS DI RA "X", KELURAHAN WANASARI< PROVINSI JAWA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku agresivitas pada anak usia dini merupakan salah satu tantangan dalam perkembangan sosial-emosional yang perlu diperhatikan secara serius. Pada usia 4–5 tahun, anak mulai aktif membangun relasi sosial di luar lingkungan keluarga, sehingga berisiko menunjukkan perilaku agresif sebagai bentuk respons terhadap frustrasi atau cara untuk mencapai keinginan tertentu. Anak usia 4–5 tahun yang mulai berinteraksi di luar keluarga sering kali menunjukkan perilaku agresif sebagai bentuk respons terhadap frustrasi atau sebagai cara mencapai keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku agresivitas anak usia 4–5 tahun di RA X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah dua anak yang menunjukkan kecenderungan perilaku agresif dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan lima bentuk utama perilaku agresivitas: (1) tidak mengenal takut, (2) temperamental, (3) hiperaktif, (4) rendahnya perhatian, dan (5) impulsif. Perilaku ini tampak dalam bentuk verbal dan nonverbal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Keterbaruan dari penelitian ini terletak pada eksplorasi mendalam terhadap bentuk-bentuk perilaku agresif pada anak usia dini di lingkungan sekolah berbasis agama dengan mempertimbangkan konteks sosial-budaya lokal, yang masih jarang dikaji dalam penelitian sebelumnya. Hasil temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi guru, orang tua, dan tenaga profesional dalam merancang strategi pendidikan dan pengasuhan yang tepat untuk mencegah dan menangani perilaku agresif sejak dini. ****** Aggressive behavior in early childhood is one of the key challenges in social-emotional development that requires serious attention. At the age of 4–5 years, children begin to actively build social relationships outside the family environment, making them vulnerable to displaying aggressive behavior as a response to frustration or as a means to achieve certain desires. This study aims to describe the forms of aggressive behavior in children aged 4–5 years at RA X. This research employed a qualitative approach using a case study method. The subjects were two children who demonstrated a tendency toward aggressive behavior in their daily school activities. Data were collected through observation, interviews with teachers and parents, and documentation, and were analyzed using the Miles and Huberman interactive model. The findings revealed five main forms of aggressive behavior: (1) fearlessness, (2) temperamental behavior, (3) hyperactivity, (4) low attention span, and (5) impulsivity. These behaviors manifested in both verbal and non-verbal forms that could harm themselves or others. The novelty of this research lies in its in-depth exploration of aggressive behavior among early childhood learners in a religious-based school setting, considering the local socio-cultural context—a perspective that has rarely been examined in previous studies. These findings are expected to serve as a basis for teachers, parents, and professionals in designing appropriate educational and caregiving strategies to prevent and address early signs of aggression.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr(phil). Sri Indah Pujiastuti, M.Pd; 2). Niken Pratiwi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Alfinajmi Kinanti .
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:54
Last Modified: 18 Sep 2025 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62499

Actions (login required)

View Item View Item